18 views

Ridho Naikkan Daya Saing Lampung

HARIANFOKUS.com – Sejarah mencatat dengan tinta emas kinerja M. Ridho Ficardo dan Bachtiar Basri 3,5 tahun belakangan. Salah satunya, daya saing Provinsi Lampung mengalami kenaikan yang signifikan.

“Pada 2015, posisi Lampung dari 34 provinsi masih di 25, kemudian naik ke posisi 14. Dan sekarang (tahun 2017, red) pada posisi ke-11. Hampir masuk 10 besar. Hanya beda tipis dari Sulawesi Selatan,” ungkap Mulya Amri sambil menambahkan karena kemampuan menaikkan daya saing yang spektakuler itu maka pihaknya mengundang Ridho untuk membeberkan strateginya sehingga mampu menaikkan daya saing Lampung secara keseluruhan.

Seperti diketahui, pada 24 November 2017 silam, Ridho menyampaikan presentasi dalam seminar bertajuk “Menilai Daya Saing 34 Provinsi di Indonesia”, di Lee Kwan Yew School of Public Policy, NUS.

Mulya Amri menyatakan, diundangnya Ridho dalam acara prestisius itu karena keberhasilannya dalam perbaikan daya saing Lampung.

“Biasanya, dalam perbaikan peringkat, jarang ada yang naik drastis seperti Lampung. Kalaupun ada, biasanya tahun berikutnya turun. Tapi Lampung, trennya naik terus di berbagai indikator,” lanjut dia.

Ditambahkan, dalam melakukan penelitian, pihak ACI menggunakan 4 indikator, yaitu stabilitas, ekonomi makro, kualitas hidup, dan infrastruktur, tren Lampung terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Saat ini, Lampung berada di zona kompetitif. Melihat kepemimpinan Ridho-Bachtiar selama 3,5 tahun ini, tidak berlebihan bila ke depannya Lampung akan masuk 10 besar dari 34 provinsi di Indonesia. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *