16 views

Warga Suoh Takkan Melupakan Ridho

HARIANFOKUS.com – M. Ridho Ficardo amat diagungkan oleh warga masyarakat Suoh, Lampung Barat. Namanya bahkan amat familiar bagi warga setempat.

“Sudah pasti, seumur hidup kami sampai ke anak cucu, tidak bakal melupakan Pak Ridho. Berkat beliau jadi gubernur, kehidupan kami yang 70 tahun terisolasi menjadi merdeka. Jadi, kami warga Suoh akan kembali milih Pak Ridho pada pilgub nanti. Agar banyak daerah terisolir lainnya di Lampung bisa bebas isolasi seperti kami,” kata Rahmat Dahlan, seorang tokoh warga Suoh, Kamis (5-4) petang.

Menurut dia, program infrastruktur yang digulirkan Ridho-Bachtiar dalam kepemimpinannya di Pemprov Lampung benar-benar memberi manfaat luar biasa bagi warga Suoh.

JALAN MULUS – Jalan mulus sampai ke Suoh dipastikan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

“Sekarang ini, semua urusan masyarakat jadi mudah, setelah terbangunnya jalan mulus berkat Pak Ridho. Perekonomian masyarakat pun makin membaik. Lihat saja, warung-warung kecil mulai banyak bertumbuhan. Pembeli pun mulai banyak, karena kendaraan yang melintas juga mulai ramai,” imbuh dia.

Mewakili warga Kecamatan Suoh, Lambar, berkali-kali Rahmat Dahlan menyatakan terimakasih dan kebanggaannya punya gubernur Ridho Ficardo.

Tak berlebihan sebenarnya pernyataan tersebut. Mengapa? Karena berkat kepedulian Ridho-Bachtiar sebagai gubernur-wagub, dibangun jalan mulus sepanjang 33,628 Km. Bangunan jalan menembus Suoh itu telah “memerdekakan” daerah tersebut dari isolasinya selama 70 tahun.

Keberadaan jalan mulus yang membebaskan Suoh dari isolasi tersebut diresmikan Ridho pada 24 Januari 2017 silam. Dia juga menambah kucuran dana APBD Provinsi Lampung 2017 sebesar Rp 22 miliar lagi untuk menangani 3,8 Km rigid, tiga box cluvert, serta satu bronjong.

MERAKYAT – Dalam setiap kedatangannya ke daerah-daerah, Ridho Ficardo selalu berbaur dengan masyarakat.

Tak ayal, kehadiran Ridho Ficardo ke Suoh saat meresmikan jalan raya menembus Suoh itu pun disambut puluhan ribu warga setempat. Apalagi, dalam catatan sejarah, Ridho adalah Gubernur Lampung kedua setelah Poedjono Pranyoto yang menginjakkan kakinya di wilayah tersebut.

Sangatlah wajar bila Ridho amat dikenal dan diagungkan oleh warga Suoh. Sebab, selama 70 tahun ini, jalan yang kini mulus itu sebelumnya hanya bisa dilintasi oleh motor trail atau mobil double gardan saja. Karena rusak parahnya badan jalan ditambah berlumpur.

Kini, semua kesulitan dalam perjalanan tersebut tinggal kenangan. Wilayah Suoh telah “hidup” dan diyakini akan terus berkembang.

Bupati Lambar, Parosil, maupun Raja Skala Brakh Pun Edwarsyah Pernong juga ratusan tokoh setempat amat terharu sekaligus bangga saat Ridho meresmikan jalan mulus yang menandai terbukanya Suoh dengan segala harapan dan impian masyarakatnya untuk hidup berkesejahteraan ke depannya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *