10 views

Ridho Muluskan Jalan Di Lamteng

HARIANFOKUS.com –Semua rakyat Lampung tahu, urusan pembangunan infrastruktur jalan menjadi prioritas kepemimpinan Ridho Ficardo-Bachtiar Basri begitu dilantik sebagai gubernur-wagub. Bahkan, pada anggaran tahun pertama kepemimpinan, dana Rp 1 tiliun dikhususkan untuk membuat jalan mulus tersebut. Dan, Kabupaten Lampung Tengah merupakan wilayah yang jalannya telah banyak dimuluskan berkat kepemimpinan duet solid tersebut.

Menurut penelusuran FOKUS, sejak anggaran pertama kepemimpinan Ridho-Bachtiar, yaitu APBD Provinsi Lampung 2014 hingga 2017, di wilayah Kabupaten Lamteng jalan provinsi yang dibuat mulus sedikitnya sepanjang 104,889 Km. Sementara, yang mendapatkan pemeliharaan berkala mencapai 50,943 Km.

TURUN langsung mengecek hasil pembangunan adalah kekhasan dari kepemimpinan Ridho Ficardo. Seperti saat dia mengecek pembangunan jalan di Pesawaran ini, didampingi Bupati Dendi Ramadhona.

Pada anggaran tahun 2014, Ridho-Bachtiar melalui APBD Provinsi Lampung membangun jalan provinsi sepanjang 8 Km. Selain rehab dan pemeliharaan jalan sepanjang 9 Km.

Pada anggaran 2015, dibangunkan jalan provinsi sepanjang 17 Km. Disusul anggaran tahun berikutnya jalan provinsi koridor 3 yang menghubungkan Bandar Lampung, Metro dan Lamteng sepanjang 1,7 Km dimuluskan.

Lalu pembangunan jalan provinsi di koridor 4 sepanjang 6,2 Km dimuluskan, sedang di koridor 5 dibangunkan jalan sepaanjang 7,31 Km. Pembangunan jalan provinsi sepanjang 7,5 Km di koridor 6 yang menghubungkan Lamteng dan Metro juga dibangun.

Keseriusan Ridho-Bachtiar dalam memeratakan pembangunan di seluruh kabupaten dan kota se-Lampung memang sudah terbukti. Apalagi dalam menangani urusan infrastruktur jalan.

Bahkan, jika sebelumnya Ridho menargetkan jalan mantap di akhir 2017 lalu 75%, ia naikkan menjadi 77%. Untuk diketahui saja, jalan provinsi yang sudah mulus sejak kepemimpinan duet solid Ridho-Bachtiar sampai akhir 2017 silam sepanjang 1.269,95 Km.

SAAT yang lain sekadar menebar janji, realisasi program infrastruktur jalan seakan tiada henti di era kepemimpinan Ridho-Bachtiar. Seperti di ruas Kasui-Air Ringkih, Way Kanan ini.

“Pemprov merespon semua permintaan perbaikan jalan yang menjadi kewenangan secara bertahap hingga 2019. Prioritasnya pada jalan yang rusak parah. Pengerjaannya sebagian dengan rigid atau beton,” kata Ridho Ficardo.

Sekadar diketahui oleh masyarakat, jalan yang menjadi tanggung jawab Pemprov Lampung membentang mulai dari ruas jalan Gayam-Ketapang di Lamsel sampai ruas jalan Brabasan-Wiralaga, Mesuji. Jadi, jalan-jalan provinsi di Kabupaten Lamteng juga sudah dimuluskan oleh kepedulian Ridho-Bachtiar dalam menyerap harapan masyarakat setempat.

Masyarakat Lamteng yang tinggal di daerah Seputih Mataram tentu sudah merasakan jalan mulus yang dibangun oleh Pemprov Lampung pimpinan Ridho-Bachtiar. Memang, ruas jalan Bandarjaya-Seputih Mataram telah dikerjakan pembangunannya dengan menggunakan metode rigid beton.

“Pemilihan menggunakan metode rigid beton tersebut untuk mengatasi kondisi tanah yang tidak stabil dan kendaraan berat yang melintas,” kata Ridho seraya menambahkan pembangunan jalan provinsi ini melintasi Desa Utama Jaya dan Sumber Agung.

Terkait dengan telah mulusnya salah satu jalan strategis perkembangan ekonomi masyarakat itu, Ridho Ficardo berharap kepada masyarakat sekitar jalan tersebut untuk ikut menjaga dan memelihara jalan agar tidak cepat rusak. Misalnya, dengan melintasi jalan sesuai dengan tonase yang ditentukan. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *