8 views

Pemkab Lamtim Adakan MoU Dengan Pemprov dan Kejati

HARIANFOKUS.com–  Plt Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari, ST, MM, menghadiri acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama (MOU) Antara Pemerintah Provinsi Lampung Dengan Kejaksaan Tinggi Lampung Tentang Penanganan Masalah Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara yang di adakan di Ruang Abung Balai Keratun Pemerintah Provinsi Lampung, Senin (16-4).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung Syafruddin, Plt Wali Kota Bandar Lampung Yusuf Kohar, Pj Bupati Tanggumus Zainal Abidin, serta Wakil Bupati Way Kanan Edward Anthony.

Kita menyadari bahwa banyak persoalan hukum terkadang tidak bisa diselesaikan antara masyarakat dengan pemerintah khususnya terhadap pemerintah provinsi Lampung, oleh karena itu diperlukan lembaga kejaksaan untuk menyelesaikan permasalahan hukum bidang perdata dan tata usaha negara yang bersinggungan dengan masyarakat dimana kejaksaan sebagai mediator atau fasilitator.

Dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di daerah, provinsi Lampung memandang perlu menjalin kerjasama terhadap semua pihak termasuk kejaksaan tinggi. Hal tersebut dipandang perlu karena jika pemerintah provinsi Lampung mengalami masalah hukum khususnya dibidang perdata dan tata usaha negara, maka masa penanganannya dilakukan secara bersama dengan kejaksaan tinggi Lampung.  Atas dasar itu sebagai landasan dan pedoman bagi pemerintah provinsi maupun kejaksaan tinggi dalam pelaksanaannya perlu menjalin kesepakatan bersama.

Didasari pertimbangan-pertimbangan tersebut diatas, hari ini dilakukan penadatanganan kesepakatan bersama tentang penanganan masalah hukum dibidang perdata dan tata usaha Negara antara pemerintah provinsi Lampung dan kejaksaan tinggi Lampung.

Dengan penandatanganan MOU ini diharapkan dunia usaha terutama BUMN dan masyarakat serta pemerintah provinsi Lampung bisa mendapatkan suatu kepastian hukum ,sehingga apa yang menjadi target pembangunan kedepan dapat berjalan dengan baik.

Dalam sambutannya Pjs Gubernur Lampung Dr Drs Didik Suprayitno MM berharap kejaksaan tidak hanya menangani masalah pidana saja akan tetapi juga masalah hukum perdata dan tata usaha negara menjadi prioritas. Apalagi saat ini kejaksaan juga sudah melakukan kerjasama  dengan sejumlah instansi dan lembaga pemerintah di Lampung.

“Saya berkeyakinan pihak kejaksaan tinggi Lampung mampu berbuat maksimal dan terbaik untuk masyarakat sesuai dengan fungsinya yaitu penegak, bantuan, pertimbangan, serta pelayanan hukum dan juga tadi disebutkan sebagai jaksa pengacara negara.  Mudah-mudahan kegiatan yang kita laksanakan ini dapat memberikan manfaat kepada kedua belah pihak dalam mengemban tugas dan fungsi masing-masing. “ ujar Didik mengakhiri sambutannya.(kau)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *