15 views

Agus Fatoni Dikukuhkan sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Forum Protokol Indonesia 2018-2021

HARIANFOKUS.com – Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo mengukuhkan kembali DR. Agus Fatoni, M.Si sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Forum Protokol Indonesia Periode 2018-2021. Pengukuhan ini bersamaan dengan Penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional Keprotokolan Tahun 2018 di Hotel Millenium, Jakarta Pusat, Selasa (08/05/2018).

Bagi fatoni, jabatan ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, Pendiri Pondok Pesantren Al-Hikmah Istqomah, Way Bahuga, di Way Kanan, Lampung ini, menjadi Ketua Umum Forum Protokol Indonesia periode 2014 – 2017. Pria kelahiran Way Kanan, Lampung ini, sehari-hari menjabat sebagai Kepala Biro Adminiatrasi Pimpinan di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo meminta kepengurusan FPI dapat lebih aktif melaksanakan program kerja, sesuai tujuan pembentukan forum tersebut.

“Jangan sampai setelah pengukuhan ini tidak ada kegiatan. Bisa dilakukan pertemuan rutin dan mengadakan kegiatan yang memberikan kontribusi bagi penyelenggaraan pemerintahan di pusat maupun daerah. Kalau perlu dibuat identitas khusus, seperti PIN protokol atau bentuk lainnya biar mudah dikenali dalam menjalankan tugas,” kata Hadi yang juga sebagai pembina Forum Protokol Indonesia.

Ketua terpilih Agus Fatoni menerangkan, Forum Protokol ini merupakan tempat berhimpunnya insan protokol pemerintah dan non pemerintah di tingkat pusat dan daerah, termasuk para pelaku di bidang tersebut, seperti para MC atau pembawa acara, peminat, pemerhati dan pakar di bidang keprotokolan.

“Forum Protokol Indonesia merupakan wadah silaturahmi, koordinasi, sinkronisasi, komunikasi dan forum peningkatan kapasitas pribadi dan organisasi di bidang keprotokolan. Forum ini diharapkan mampu memberikan solusi dan memberikan rekomendasi dalam penyelesaian berbagai persoalan di bidang keprotokolan,” kata Fatoni yang kerap disapa AF ini.

Sekretaris Umum Pengurus Pusat FPI Beny Cahyadie menyampaikan bahwa setiap tahun Forum Protokol menggelar sejumlah kegiatan rutin antara lain rapat nasional, bimbingan teknis, termasuk ikut membahas dan memberikan masukan dalam pembuatan peraturan perundang-undangan di bidang keprotokolan.

“Saat ini, peraturan perundangan di bidang keprotokolan yang masih dalam tahap finaslisasi dan pengesahan antara lain peraturan pemerintah tentang keprokolan sebagai tindak lanjut Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2010. Peraturan yang lain adalah Peraturan Presiden tentang Tata Pakaian Acara Kenegaraan dan Acara Resmi,” terangnya.

Selanjutnya, Fatoni menambahkan bahwa Forum ini juga sebagai wadah peningkatan kapasitas dan sosialisasi berbagai kebijakan pemerintah.

“Saya berharap organisasi ini bermanfaat bagi pribadi, organisasi, pemerintah, masyarakat, bangsa dan negara. Dan, disela kesibukan masing-masing, agar segenap anggota dapat terlibat aktif dalam forum, baik di pusat, provinsi maupun kabupaten kota,” pungkasnya.(HF)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *