Gelorakan Taat Pajak Di Kalangan Mahasiswa

HARIANFOKUS.com – Gebrakan dilakukan UPTD Pengelola Pendapatan Wilayah I Bapenda Provinsi Lampung. Rabu (8-8) lalu, dikemas acara bertajuk Sosialisasi dan Penyuluhan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) & Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) yang diikuti kalangan mahasiswa Universitas Tulang Bawang (UTB) Bandar Lampung.

Kegiatan yang diikuti 100 mahasiswa UTB dan dibuka oleh Sekretaris Bapenda Lampung, Drs. A. Rozali, MS, mewakili Kepala Bapenda Lampung, Ir. E. Piterdono serta dihadiri Rektor UTB, Dr. Agus Mardihartono, tersebut, menurut Kepala UPTD Pengelola Pendapatan Wilayah I Bapenda Lampung, Putri Kartarina, S.Sos, MM, bertujuan untuk memberi pemahaman kepada wajib pajak, utamanya kalangan mahasiswa, betapa pentingnya taat pajak dan membayar pajak kendaraan bermotor tepat waktu, guna  menghindari denda keterlambatan.

Mahasiswa UTB yang mengikuti acara sosialisasi dan penyuluhan PKB & BBNKB pose bersama dengan pemateri dan pimpinan kampusnya

“Acara ini juga bertujuan untuk memberikan informasi mengenai alur membayar PKB dan BBNKB yang efektif dan efisien. Dimana di UPTD Pengelola Pendapatan Wilayah I terdapat beberapa tempat yang bisa didatangi wajib pajak,” kata Rina, panggilan akrab Putri Kartarina.

Dijelaskan, gerai-gerai samsat yang bisa didatangi wajib pajak dan tersebar di Bandar Lampung adalah Samsat Induk Bandar Lampung yang ada di Jln Pramuka, Rajabasa, Unit Pelayanan Cepat (samsat drive tru) juga di Jln Pramuka Rajabasa, lalu Samsat Ladies yang berlokasi di basemen Mal Bumi Kedaton (MBK).

“Selain itu ada Samsat Mal Chandra di Pasar Bawah, Samsat Mal Kartini, Samsat Kontainer di Panjang. Kami juga menyediakan Samsat Mobil yang berlokasi di pelataran parkir Holland Bakery di Jln Tirtayasa, Sukabumi, dan satu lagi Samsat Mobil yang berada di Pasar Mangga Dua, Telukbetung,” lanjut Rina.

GUSLINDA, SE, ketua panitia kegiatan menyampaikan sambutan pada acara pembukaan sosialisasi dan penyuluhan PKB & BBNKB bagi kalangan mahasiswa, Rabu (8-8).

Menurut Rina, gerakan sosialisasi guna menggelorakan taat membayar pajak kendaraan di kalangan mahasiswa ini akan terus dilakukan.

“Target sosialisasi taat membayar PKB dan BBNKB seperti ini sebenarnya bukan hanya di kalangan mahasiswa, tapi juga siswa SMU yang sudah membawa kendaraan roda 4 maupun roda 2. Mereka harus diberi informasi akan pentingnya menjadi masyarakat taat pajak,” lanjutnya.

Acara sosialisasi dan penyuluhan PKB & BBNKB yang diketuai Guslinda, SE, Kasi Penagihan dan Penerimaan UPTD Pengelola Pendapatan Wilayah I Bapenda Lampung, ini juga dihadiri para dosen dan staf UTB serta KPP dan kordinator Samsat se-Bandar Lampung.

Ratusan mahasiswa UTB sangat antusias mengikuti acara yang diisi penyampaian tiga materi tersebut. Yang pertama disampaikan oleh Putri Kartarina, membahas tentang optimalisasi pembayaran PKB & BBNKB.

Materi kedua disampaikan Ipda Asep Suhendi, SH, Pamin BPKB Ditlantas Polda Lampung, mengenai mekanisme dan tata cara pembayaran PKB & BBNKB, serta materi ketiga dipaparkan oleh M. Himawan, S.Sos, MM, Kasubag SW Humas dan Hukum PT Jasa Raharja Lampung, yang membedah tentang program perlindungan terhadap resiko kecelakaan pada penumpang angkutan umum.

Atas suksesnya acara sosialisasi dan penyuluhan PKB & BBNKB itu, Putri Kartarina menyatakan apresiasinya pada pimpinan UTB yang telah memfasilitasi kegiatan dengan baik.

“Dukungan pimpinan dan jajaran dosen UTB bagi peningkatan kesadaran taat membayar pajak kendaraan di kalangan mahasiswa sangat besar artinya bagi lahirnya masyarakat baru yang taat pajak ke depannya,” kata dia.  (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *