Badan Keuangan: Simpan Dana Pilgub di Bank, Kok Tidak Ada Bunganya?

HARIANFOKUS.com – Badan Keuangan Pemprov Lampung Minhairin, adalah salah satu undangan yang hadir saat rapat dengar pendapat (RDP) DPRD Lampung dengan penyelenggara pemilu, Selasa (14-8).

Dalam hearing di ruang Komisi Besar DPRD Lampung, Minhairin menanyakan soal bunga penyimpanan anggaran Pilgub yang diklaim penyelenggara sebelumnya tidak ada bunga.

“Saya juga minta dijelaskan kok KPU dan Bawaslu menyimpan anggaran pilgub di Bank tidak ada bunga. Kalau kami di pemprov ada bunganya untuk khas daerah.Tolong ini dijelaskan,” pinta Minhairin saat RDP berlangsung.

Ketua KPU Lampung, Nanang Trenggono yang sebelumnya mengaku tidak tahu apakah ada bunga bank atau tidak menyimpan anggaran di Bank Mandiri.

“Saya tidak tahu soal bunga bank, karena pak Sekretaris Gunawan Riadi (Kuasa Pengguna Anggaran) belum bisa hadir. Beliau sedang ada FPT (fit and propert test),” ucap Nanang.

Sementara, Solihin yang mengaku langsung menghubungi KPA Pilgub Lampung mengaku, bahwa penyimpanan anggaran Pilgub Lampung di Bank Mandiri ada bunganya berupa Giro Pemerintah.

“Saya baru WA (whatsapp) Pak Gunawan bahwa penyimpanan ada bunga berupa Giro dan tiap bulan bunga distor ke Giro Pemerintah,” Choing menjelaskan.

Sementara KPA Bawaslu, Victor Libardi mengatakan bahwa bunga yang sifatnya menguntukan bagi pribadi atau kelembagaan tidak ada.

“Kalu yang ditanya bunga yang sifatnya menguntungkan pribadi itu saya sudah cek tidak ada. Tapi kalau yang dimaksud bunga untuk pemerintahan nanti saya akan cek dengan berkoordinasi dengan BRI,” ucapnya.(win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *