PAW KPU Waykanan Bermasalah, Tanggamus Mulus

HARIANFOKUS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung sudah memanggil calon pergantian antar waktu (PAW) KPU Kabupaten Waykanan dan Tanggamus untuk dilakukan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) pada (27-28/8) lalu di Kantor KPU Lampung.

Calon PAW KPU Kabupaten Way Kanan yang dipanggil untuk menggantikan Erwan Boestami yang kini menjabat sebagai Komisioner KPU Lampung yakni nomor urut 6, 9 dan 10. Mereka yakni atas nama Winston jamil, Ahmad rohim Sidiq, dan Cahyalana.

Komisioner KPU Lampung Divisi SDM (sumber daya manusia) Antoniyus Cahyalana menyampaikan uji kepatutan dan kelayakan terhadap yang bersangkutan apakah masih memenuhi persyaratan sebagai calon Komisioner KPU kabupaten/kota.

“Uji kepatutan dan kelayakan juga dimaksudkan untuk meminta klarifikasi dari calon PAW terhadap tanggapan dan masukan dari masyarakat yang ditujukan kepada yang bersangkutan. Dari uji kepatutan dan kelayakan tersebut menjadi dasar dan pertimbangan bagi KPU provinsi Lampung untuk menentukan siapakah yang akan dipilih menjadi anggota KPU di Way Kanan dan Tanggamus,” terang Antoniyus, Rabu (29-8) malam.

Khusus untuk calon Komisioner KPU Kabupaten Waykanan , KPU Lampung sendiri telah menerima laporan atau aduan dari masyarakat. Seperti indikasi tidak netral, yaitu diduga dekat dengan salah satu calon kepala daerah serta menjadi tim sukses.

“Laporan dari masyarakat ada, dan sudah kami konfirmasi dan minta klarifikasi kepada yang bersangkutan. Hasilnya nanti akan diputuskan dalam rapat pleno. Jika ketiganya tidak memenuhi syarat akan ada mekanisme lain,” tutur aktivis Muhammadiyah ini.

Sementara untuk PAW calon Komisioner KPU Kabupaten Tanggamus sepertinya akan berjalan mulus. Sebab, KPU Lampung hanya memanggil dua calon yakni nomor 6 dan 7 atas nama Mastang dan M. Nasir Hasyim.

” Nomor 6 enggak hadir. Mungkin yakin enggak masuk karena sudah masuk dalam DCS (daftar caleg sementara) salah satu parpol. Sementara nomor 7 hadir, jadi di Tanggamus tidak ada kendala,” tandasnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *