0 views

Sepakat Kampanye Damai dan Anti Hoax

HARIANFOKUS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung pagi ini, Minggu (23-9) menggelar deklarasi kampanye damai di Tugu Adi Pura Enggal, Bandarlampung.

Acara dihadiri dari perwakilan parpol peserta Pemilu 2019, Bawaslu Lampung, Kepolisian, calon DPD, dan berbagai komunitas peduli Pemilu. Hadir juga perwakilan Kapolda Lampung, dan Walikota Bandarlampung.

Kehadiran peserta Pemilu 2019 sekaligus memastikan kesepakatan untuk menggelar kampanye damai, menolak hoax, politisasi sara dan politik uang.

Sekretaris DPD PD Lampung Fajrun Najah Ahmad saat menandatangani prasasti kampanye damai di Tugu Adi Pura Enggal, Bandarlampung, Minggu (23-9) pagi.

Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono dalam sambutannya, menyatakan, Pemilu 2019 nanti akan ada 5 surat suara yang akan dicoblos oleh masyarakat Lampung. Yakni, surat suara DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, DPD RI, dan surat suara Pilpres.

“DPT (daftar pemilih tetap) di Lampung hampir 6 juta jadi kalau ada 5 surat suara artinya pada 15 April 2019 ada 30 juta surat suara yang akan direbutkan kontrstan. Oleh karena itu kita harus bersama menyiapkan dengan baik demokrasi ini,” kata Nanang.

Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono meminta deklarasi damai Pemilu 2019 menjadi komitmen bersama.

Diceritakan Nanang, Lampung pernah menggelar pilkada serentak pada Pemilu 2014 lalu, tentu memiliki  banyak persoalan dalam penyelenggaraannya.

“Deklarasi damai untuk 7 bulan kedepan menjadi tanggungjawab kita bersama, seluruh masyarkat Lampung. Dengan demikian kita sudag membabtu negara kita, terutama bumi Lamlung,” ujar dia.

Sementara Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah, deklarasi kampanye damai ini merupakan komitmen bersama untuk dijaga agar kampanye dengan damai dan sejuk.

“Ini bukan hanya tugas penyelenggara tapi seluruh masyarakat Lampung.Kampanye kita isi dengan mendidik. Dan kami juga membuka posko pengaduan bagi masyarakat Lampung yang belum terdatadalam DPT, untuk itu yang bagi yang belum masuk DPT untuk segera melapor aga dapat ditindaklanjuti oleh KPU,” tegasnya.

Acara deklarasi kampanye damai ini diakhiri dengan pembacaan deklarasi damai dan pembubuhan tandatangan di prasasti. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *