0 views

Direkomendasi Ribuan DPT Bermasalah, KPU Balam Janji Lakukan Verfak

HARIANFOKUS.com – Badan Pengawas Pemilh (Bawaslu) Kota Bandarlampung memberikan rekomendasi kepada KPU Kota Bandarlampung berkaitan dengan temuan hasil pencermatan Bawaslu terhadap Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP)-1.

Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung, Candra Wansah mengatakan, surat rekomendasi diserahkan secara formal kepada KPUD Kota Bandarlampung pada Rakor Pecermatan DPT di Aula KPU Kota Bandarlampung, Sabtu (9-9).

“Kami telah menyerahkan surat rekomendasi secara formal kepada KPU hasil pencermatan kita terhadap DPT. Karena kita Bawaslu Kota Bandarlampung menemukan 2.355 pemilih yang bermasalah, yaitu ganda identik, belum cukup umur dan pindah domisili, tapi yang paling banyak adalah ganda identik yang berjumlah 2.065 mata pilih,” kata Candra.

Sementara, Anggota KPUD Bandarlampung Fery Triatmojo, menyampaikan, kordinasi KPU dan Bawaslu Kota pada kegiatan penyempurnaan DPTHP-1 sudah baik.

“Data hasil pencermatan¬†Bawaslu adalah data pencermatan administratif. Harus dilakukan pemeriksaan dan verifikasi faktual (verfak) terhadap data ganda tersebut,” ujarnya.

Pada rakor hari ini, sambung dia, data Bawaslu langsung diteruskan kepada PPK se Kota Bandarlampung.

“PPK, PPS bersama Panwascam dan PPL dan partai politik akan melakukan verifikasi data sebelum menghapus/menambahkan data pemilih. Masa perbaikan dan verifikasinya hingga 28 Oktober nanti,” urainha.

Menurut dia, hasil sinkronisasi awal data ganda yang direkomendasikan Bawaslu menunjukkan kesamaan data ganda yang dimiliki KPU.

“Sebagian besar data tersebut sudah ada di data ganda hasil pencermatan KPU Kota,” tandasnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *