26 views

Soal Semut

“NGAPAIN sih dek dari tadi bolak-balik mindahin ceceran kue itu? Diliatin orang, malu tau!” ujar Dinda pada Gilang sore tadi saat nongkrong di sebuah cafe di Bandara Raden Inten II, Branti, Lamsel.

“Mainin semut-semut itu lho, mbak?! Lucu ngeliatnya!” sahut Gilang sambil memperhatikan gerakan semut-semut menuju ke potongan kue yang jatuh dari mejanya.

“Kayak nggak ada kerjaan aja sih, semutlah diurusin!”

“Mau main HP, low batt! Ngajak mbak ngobrol, bosen juga! Mau ke pintu kedatangan, pesawat yang mau dinaiki mama masih lama! Delay sejam! Ya semut inilah yang jadi hiburan, mbak?!”

“Emang apa yang buat adek tertarik dengan urusan semut-semut ini sih?!” tanya Dinda.

“Kekompakannya luar biasa, mbak! Kalo bahasa manusia; semangat gotong royongnya! Kagum adek sama kerjasama dunia persemutan ini!” ucap Gilang sambil terus memperhatikan pergerakan binatang-binatang kecil itu.

“Emang gimana ceritanya sih, dek? Mbak nggak perhatiin tadi!”

“Ya mbak kan asyik ma gadget aja! Makanya nggak tengok kiri-kanan lagi! Tadi kan kue yang mbak makan ada yang jatuh! Pandan kaya cake itu lho! Nah, nggak lama ada seekor semut dateng! Ngedeket! Ngebauin gitulah kali ya! Tapi dia terus pergi!” kata Gilang.

“Kok sekarang jadi banyak gini semutnya, dek?!” sela Dinda.

“Nggak lama dari itu, semut yang tadi dateng lagi, mbak! Nggak sendirian! Bawa rombongan! Langsung ngerubung kue mbak yang kececer! Kayaknya mereka mau ngegotongnya! Semut-semut itu sudah berbaris keliling di potongan kue!”

“Terus gimana, dek?!”

“Adek ambil kue itu, adek pindahin tempatnya! Adek geserin sekitar 15 cm! E, semut-semut itu langsung bubar! Balik kanan! Jalan, ngilang! Pikir adek, ya sudah pergilah semut-semut itu, ternyata nggak, mbak!”

“Maksudnya gimana sih, dek?!”

“Nggak lama, muncul lagi semut yang awal tadi, mbak! Yang nemuin ceceran kue mbak! Setelah muter-muter, ketemu lagi posisi kue yang adek pindahin tadi! Semut itu ngedeket! Ngebauin gitulah! Terus pergi lagi!”

“Lho, kok malah pergi lagi, maksudnya apa ya, dek?!” kata Dinda.

“Rupanya, dia manggil temen-temennya lagi, mbak! Karena nggak lama dari itu, berdatangan rombongan semut! Bahkan lebih banyak lagi, mbak!” urai Gilang.

“O gitu, terus gimana, dek?!”

“Pas semut-semut itu sudah mau ngegotong kuenya, adek pindahin lagi kuenya, mbak! Tak jauhin lagi! Pas dibawah kursi mbaak ini! Nggak lama, bubar lagi pasukan semut itu! Balik kanan semua!” ujar Gilang.

“Adek ini kelewatan lo! Mbok ya sudah sih, biarin aja semut-semut itu ngegotong potongan kue yang jatuh tadi! Mereka itu kan sudah berjuang buat cari makanan! Nggak boleh gitu itu, dek!” kata Dinda.

“Adek kan maksudnya cuma cari hiburan aja sih, mbak?! Nggak punya niat ngeganggu rejeki semut-semut itu!” sahut Gilang.

“Cari hiburan emang nggak salah, dek! Itu hak semua anak manusia! Tapi jangan ngerugiin yang lain! Sengaja nggak sengaja, dengan cara adek itu, sudah ngerugiin bahkan nyakitin semut-semut itu lo!”

“Kok nyakitin sih, mbak? Ya nggaklah! Adek kan nggak matiin seekor semut pun!” ucap Gilang.

“Nyakitin itu kan bukan cuma dengan adek matiin semutnya! Tapi mainin mereka yang sudah berharap dapet makanan melalui perjuangannya itu, juga bagian dari nyakitin! Nggak boleh sesama makhluk itu nyakitin, apalagi ngerendahin, dek!” kata Dinda.

“Jadi adek mesti kayak mana, mbak?” tanya Gilang.

Maka, Gilang pun memungut ceceran pandan kaya cake yang ada di lantai cafe dan membawanya ke pojokan taman, dimana ada lubang semutnya. Sebuah pengalaman tak diduga yang lahir dari semut. (ยค)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *