Pemeberian Nama RPP KPU Tuba, Gaungkan Demokrasi dan Budaya Lokal

HARIANFOKUS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Tulangbawang melounching Rumah Pintar Pemilu (RPP) pada Jum’at (21-12). Launching yang dihadiri komisioner KPU Lampung Handi Mulyaningsih dan perwakilan partai politik dinamakan Nuwou Margou Pak Demokrasi KPU Tuba.

Ketua KPU Tuba Reka Pinata,  menyampaikan RPP sebagai upaya KPU dalam mengedukasi masyarakat dalam memahami tentang demokrasi dan kepemiluan.

“Selain itu RPP ini juga diharapkan sebagai upaya penyebarluasan informasi tentang demokrasi dan pemilu sehingga RPP bisa menjdi katalisator dalam mewujdukan demokrasi yang berkualitas, kredibel,berintegritas dan transfaran,” terang Reka.

Nuwou Margou Pak juga sambung dia, dapat menjadi sarana memfasilitasi para komunitas dan pengiat pemilu untuk melakukan berbagai hal apakah itu diskusi,riset dan silaturrahmi.

“Para kawan-kawan penggiat pemilu dan komunikasi juga dapat menjadikan Nuwou Margou Pak sebagi tempat diskusi maupun riset,” ucapnya lagi.

Saat disinggung alasan pemeberian nama RPP “Nuwou Margou Pak”, Reka menjelaskan pemeberian nama tersebut dimaknai untuk membumikan substansi pemilu dan demokrasi yang familiar dengan budaya lokal dan ikut serta dalam menghormati hak-hak masyarakat lokal yang berlandaskan adat istiadat.

“Artinya demokrasi tidak bertentangan dengan adat, bahkan adat dan demokrasi seperti dua sisa mata uang yang tidak dapat dipisahkan,” ucapnya.

Dicontohkan Reka, Adat Margou Pak misalnya, iconya burung garuda sedang menggigit kunci. Garuda ini dipercaya bahwa pada dahulu kala merupakan kendaraan Raja Tulangbawang dan kunci menandakan sebagai kunci pemberian nama/juluk adat bagi pengantin baru.

“Sementara kalo dikaitkan dengan demokrasi, burung garuda dalam Adat Margou Pak sebagai kendaraan raja/pemimpin, sedangkan pemilu sebagai kendaraan calon pemimpin dalam memperoleh dukungan masyarakat dan kunci sebagai pemberi gelar bisa disamakan dengan hari pemungutan suara yang setiap orangcalon akan dipilih dan terpilih,” pungkasnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *