Sidang Proses Dismissal Kadafi Digelar

HARIANFOKUS.com – Bawaslu Pesisir Barat hari ini, Selasa (26-2) sore menggelar sidang proses dismissal Caleg DPR RI Muhammad Kadafi atas temuan dugaan pelanggaran kampanye atau kampanye terselubung dalam kegiatan bhakti sosial dibeberapa kecamatan yang ada di Pesbar belum lama ini.

Sidang proses dismissal ini menghadirkan tiga pelapor, yakni Khoirus Sobri, Sahwan Efendi, dan Budi Cahyadi.

Komisioner Bawaslu Pesbar Kordiv HPP,  Abd. Kodrat mengatakan, sidang proses dismissal atau sidang pendahuluan dilakukan untuk mengetahui apakah laporan terlapor memenuhi unsur materil dan formil.

“Sidang proses dismissal ini dilakukan untuk mengetahu terpenuh atau tidaknya unsur materil dan formil pelanggaran administrasi oleh caleg DPR RI dapil I asal PKB,  Muhammad Kadafi, ” kata Kodrat,  Selasa (26-2).

Setelah dilakukan sidang proses dismissial, sambung Kodrat, Bawaslu akan memanggil terlapor jika memenuhi unsur materil dan formil.

“Jika memenuhi materil dan formil maka akan dilakukan sidang pokok perkara dengan memanggil Kadafi sebagai terlapor,” terangnya.

Khusus untuk kasus Erlina (Wabup Pesbar), Bawaslu sudah memanggil dan meminta klarifikasi. Menurut hasil klarifikasi, Erlina mengakui hadir acara yang digelar Kadafi.

“Ternyata memang acara itu murni kegiatan bhakti sosial dengan bekerja sama dengan Muslimat Nu Pesbar. Dia hadir sebagai penasehat Muslimat NU, dan itu murni acara bhakti sosial,” ucapnya.

Namun perlu diketahui, ujar Kodrat, jajaran dibawahnya yakni Panwascam Pesisir Selatan, menemukan alat peraga kampanye (APK) yang dibawa oleh Kadafi dan tim suksesnya.

“Bawaslu menemukan satu titik diluar jadwal bhakti sosial ada alat peraga kampanye dan mengumpulkan masyarakat tanpa adanya STTP, ” tandasnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *