4 views

Ayok Nyoblos..Bawaslu Umumkan di Tempat Ibadah

HARIANFOKUS.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung akan menjalin kerjasama dengan pemuka agama guna meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019. Menurut Ketua Bawaslu Lampung, Fatikhatul Khoiriyah, pemuka agama memiliki peran yang besar dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

Oleh karena itu, kata dia, kerjasama tersebut diharapkan mampu menggerakkan umat beragama menggunakan hak suara pada Pemilu 2019 yang akan digelar 17 April.

“Kami akan menjalin kerjasama dengan pemuka agama, untuk mengajak masyarakat ayo memilih dengan memberikan pengumuman di tempat-tempat ibadah. Seperti di masjid atau mushola,” kata Ketua Bawaslu Lampung, Fatikhatul Khoiriyah saat menghadiri FGD yang digelar Polda Lampung di Hotel Emersia, Rabu (10-3).

Kerjasama tersebut ungkap Khoir, akan terjalin hingga ditingkat daerah (Bawaslu kabupaten/kota). Dia juga menghimbau masyarakat untuk menolak serangan fajar karena melanggar aturan pemilu.

“Pengumuman di masjid dan mushola ini akan dilakukan hingga tingkat daerah. Masyarakat yang memiliki hak pilih untuk  mencoblos pada 17 April dari pukul 07.00 wib hingga pukul  13.00 wib untuk hadir di TPS. Kami juga menghimbau agar masyarakat untuk menolak serangan fajar, kita tidak mau masyarakat masuk bui,” terangnya.

Sementara Kapolda Lampung, Irjend (Pol) Purwadi Arianto menyampaikan bahwa jajarannya akan mengamankan pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Pemilu merupakan proses penyampaian kedaulatan rakyat yang harus kita jaga bersama agar berlangsung sesuai azas demokrasi. Kepolisian dari awal tahapan hingga akhir tahapan akan mengamankan proses ini,” ujarnya.

Selain itu dia mengharapkan semua elemen masyarakat untuk menjaga iklim demokrasi yang akan memilih DPR RI, DPRD prov, DPRD kab/kota, DPD RI, dan capres-wapres dengan sejuk.

“Kami mengharapkan juga elemen masyarakat terutama pemuka agama untuk menjaga hajat nasional ini agar tetap sejuk,” tandasnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *