6 views

Tuba Rawan Politik Uang, Mesuji Rawan Konflik

HARIANFOKUS.com – Bawaslu Lampung menilai Tulangbawang dan Bandarlampung adalah dua daerah yang paling tinggi terjadinya politik uang. Selain dua daerah tersebut, pecahan Tulangbawang yakni Tulangbawang Barat juga dianggap rawan terjadinya politik uang.

Anggota Bawaslu Lampung, Iskardo P Panggar usai menggelar rakor steakholder di Hotel Sheraton, Senin (15-4), juga menyampaikan, untuk daerah rawan mobilisi ASN dan aparat desa masih dimiliki Bandarlampung dan Lampung Barat. Sedangkan Mesuji, masih menjadi daerah rawan konflik.

“Jika merujuk pemilu kemrin, kalau untuk daerah paling rawan politik uang itu ada didaerah Tulangbawang, dan untuk daerah rawan mobilisasi ASN di Bandarlampung serta daerah rawan konflik di Kabupaten Mesuji,” ungkap Iskardo.

Iskardo, berharap Bawalu di tingkat kabupaten/kota tetap maksimal melakukan pengawasan untuk menekan arau meminimalisir terjadinya politik uang,  mobilisasi ASN, dan konflik warga.

“Patroli 24 jam dengan bekerjasama dengan pihak kepolisian, PolPP, dan pemuka agama diharapkan mampu meminimalisir pelanggaran pemilu,” ucap Iskardo.

Terpisah, anggota Bawaslu Tuba, Desi Triyana, mengaku pihaknya sudah maksimal menekan kecurangan pemilu, terutama politik uang pada pemilu yang akan digelar 17 April nanti.

“Langkah-langkah Bawaslu Tuba untuk meningkatkan partisipatif adalah melakukan sosialisasi ditiap tingkatan,” ucap Desi.

Selain itu, Bawaslu Tuba juga melakukan patroli 24 jam dalam masa tenang ini yang dibantu pihak kepolisia, PolPP, dan pemuka agama.

“Kami melakukan ronda ditiap kampungnya yang unsurnya kawan- Pengawas TPS sesua arahan dari provinsi. Semoga dengan adanya patroli ini politik uang dapat diminimalisir,” tandasnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *