0 views

Bawaslu Lampung Sayangkan Semerawut Pemilu 2019

HARIANFOKUS.com РProses Pemilu 2019 di Lampung  nampaknya tak seluruhnya berjalan mulus, amburadul. Dibeberapa kabupaten/kota mengalami sejumlah masalah dan hampir menimbulkan kericuhan. Diantaranya, kekurangan surat suara (susu) terutama susu untuk pemilih tambahan (DPTb), susu tertukar dengan Provinsi Banten, dan susu yang sudah masuk dalam kotak suara, serta masih banyak lainnya.

Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah menyayangkan semerawutnya Pemilu 2019, terutama permasalahan soal logistik (susu).

“Kami menyayangkan semerawutnya logistik ini, dari data yang masuk ke kami permasalahan yang terjadi di TPS banyak terkait dengan logistik. Susu tertukar, susu kurang, dan kotak suara tidak terikat/tersegel,” ujarnya,¬† Rabu (17-4).

Selain itu Bawaslu juga menemukan,  DCT yang yang dipasang di TPS foto caleg tidak sesuai dengan nama dan double.

“Seperti di Waykanan, caleg provinsi dari Perindo nomor 1 dan 2 fotonya sama. Di Lampung Timur caleg provinsi dari Demokrat juga ia,” ungkap dia.

Sementara, Anggota KPU Lampung, Erwan Bustami menyatakan, soal susu yang kurang atau tertukar sudah memiliki payung hukum surat edaran KPU RI dan Bawaslu RI poin ke-11.

“Kalau ada susu kurang, itu bisa diambil di TPS terdekat, dicatat di kejadian khusus C2 di TPS yang kurang dan TPS yang diambil,” terangnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *