16 views

Gubernur Pimpin Penerbangan Perdana Malaysia

HARIANFOKUS.com – Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo memimpin penerbangan perdana internasional rute Bandara Radin Inten II-Kuala Lumpur International Airport Malaysia, Sabtu (4/5/2019). Pesawat take off dari Lampung pukul 08.45 memakai pesawat Citilink A320 dengan pilot Capt. Heri Widianto.

Penerbangan bernomor QG 5200 ini menempuh waktu 1 jam 45 menit dengan ketinggian 3.600 kaki. Sebanyak 180 penumpang penerbangan perdana ini berasal dari Pemerintah Provinsi Lampung, Kadin Lampung, BUMN, dan BUMD.

Menurut Gubernur Ridho Ficardo, penerbangan perdana ini amat penting dalam menguji kesiapan sararana dan kru darat. “Penerbangan ini menjadi momentum bagi kemajuan Lampung dalam melayani rute internasional. Mulai sekarang, warga Lampung harus terbiasa dengan aturan internasional, karena di bagian Bandara ini ada wilayah internasional,” kata Ridho Ficardo saat melepas keberangkatan penumpang.

Penerbangan internasional ini, kata Ridho, sekaligus menuntaskan janjinya untuk membuka rute internasional dari Lampung. Menurut Ridho salah satu misi kepemimpinanannya adalah membuka konektivitas Lampung ke dunia internasional. “Alhamdulillah, bukan hanya dari Lampung yang berminat terbang ke luar negeri, tapi maskapai asing seperti Air Asia dan Tiger Air, sudah mendaftar ingin terbang ke Lampung,” kata Ridho.

Keikutsertaan delegasi Kadin Lampung dalam penerbangan ini, menurut Ketua Kadin Yuria Putra Tubarad, untuk menjalin kerja sama dengan Kadin Malaysia. Pada kunjungan ini ditandatangani kerja sama antara Kadin Lampung dan Malaysia untuk membuka peluang investasi.

Pada kesempatan itu Kepala Bandara Radin, Asep Kosasih Samapta, mengatakan beberapa regalusi penerbangan internasional yang harus dievaluasi adalah waktu kedatangan ke Bandara yang minimal 2 jam sebelum terbang. Ini berbeda dengan penerbangan domestik yang hanya butuh waktu 30 menit sebelum terbang.

“Pemeriksaan dokumen rute internasional lebih lama karena harus melalui Imigrasi. Oleh karena itu, kami menghimbau agar dua jam lebih awal datang,” kata Asep Kosasih.

Kemudian, dia meminta agar penumpang yang masuk ruang tunggu internasional tidak keluar masuk. “Ruang tunggu ini adalah wilayah internasional dan berlaku hukum internasional. Di ruang tunggu ini tersedia fasilitas seperti kantin, musala, dan kamar mandi, sehingga tak perlu keluar ruang tunggu internasional,” kata Asep Kosasih Samapta.

Tampak ikut dalam penerbangan ini, Bupati Pringsewu Sujadi, Plt. Sekdaprov Lampung Hamartoni Ahadis, Assinten II Sekdaprov Taufik Hidayat, Direktur Utama Bank Lampung Eria Desomsoni, dan GM Damri Lampung Suranto. Selain itu para kepala dinas dan pejabat eselon III Pemprov Lampung.(*)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *