30 views

Parpol Lain Dikacangin, PKB Dispesialkan

HARIANFOKUS.com – Proses rapat pleno KPU Lampung, Kamis (9-5) malam sempat berlangsung hujan interupsi atau keberatan dari beberapa saksi partai politik. Saksi parpol merasa ada perlakuan khusus dari penyelenggara kepada salah satu parpol dalam mengkonfrontir temuan dilapangan.

Keberatan diawali dari saksi parpol PAN, Firman Sepoenada. Firman menilai waktu pleno seakan terbuang sia-sia hanya untuk mengurus satu parpol yakni PKB.

“Sebenarnya ada dua hal yang saya protes dari pleno ini, pertama soal PKB, waktu terbuang untuk ngurusin PKB. Karena, saat PKB keberatan otomatis kan sidang berhenti, saran saya dibuat panel tersendiri atau ruang isolasi untuk memecah masalah, disitu ada juga forum besar semuanya jalan paralel,” ujar Firman saat dikonfirmasi usai pleno.

Selain itu, mantan komisioner KPU Lampung ini juga menilai, penyelenggara terlihat lebih responsif saat ada keberatan dari saksi PKB.

“Kedua ada yang berbeda saat PKB begitu keberatan langsung direspon dan langsung membedah data sementara seperti PKS memiliki banyak dokumen malah dimentahin,” terang dia.

Demikian juga disampaikan saksi dari Hanura, Novelia Sanggem, menurut dia parpol lain terkesan seperti dianak tirikan atau dikacangin dibanding dengan PKB yang dinilai ada perlakuan spesial.

“Saya sebenarnya bingung, ketika hasil pleno ditingkat bawah sudah diteken penyelenggara dan saksi parpol artinya tidak ada keberatan lagi. Jadi ada apa dengan hari kemarin dan hari ini? Semua parpol harus sama perlakukan tidak ada diskriminasi, ” ujarnya.

Keberatan juga datang dari Golkar, Garuda, Berkarya, dan PKS.

Sementara, Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah menanggapi bahwa respon yang diberikan kepada PKB hanya kebetulan saja karena memang baru pembahasan di PKB.

“Karena ini yang dipersoalkan, Bawaslu hanya menerima laporan beberapa parpol. Kebetulan yang diproses ini baru di Mesuji, Way Kanan, Pringsewu dan Metro adalah PKB. Besok parpol lain ada di Lamteng Demokrat, Lamtim persoalan Gerindra, dan masih banyak lainnya yang kita terima,” terang dia. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *