Rekanan Tuding Proyek Tubabar Sudah Terkondisi

HARIANFOKUS.com – Lelang proyek APBD 2019 di Tulangbawang Barat (Tubabar) disinyalir sudah terkondisikan. Pasalnya, perusahaan pemenang tender tiap pekerjaan hampir rata-rata menawar tidak lebih dari satu hingga dua persen dari pagu anggaran.

Salah satu rekanan, Nizar, mengatakan, banyak perusahaan yang melakukan penawaran terendah digugurkan dengan alasan yang terkesan mengada-ada.

“Misalnya perusahaan kami CV Elang digugurkan oleh pokja karena alasan tidak upload SBU (sertifikat badan usaha) dan pengalaman personil. Padahal kami sudah melakukan upload SBU dan pengalaman personil. Jadi alasannya terkesan mengada-ada atau patut diduga proyek sudah dikondisikan,” ujar dia, Jum’at (28-6) siang.

Menurut Nizar, pihaknya sudah melakukan sanggahan kepada salah satu proyek yang dimenangkan oleh CV Ragil Cahaya Abadi dengan nilai pekerjaan Rp 2,4 M.

“Kami sudah melakukan sanggahan kepada pokja yang terkesan tendensius. Dan perusahaan yang mereka menangkan terindikasi bermasalah atau tidak sesuai dengan Permen Pu no 7 tahun 2019, perusahaan tersebut hasil identifikasi kami tidak memiliki tenaga tetap sesuai dengan pekerjaan,” ungkapnya.

Nizar memastikan, bukti-bukti adanya masalah dalam proses tender akan disampaikan pada saat gugatan sanggah manding.

“Dan akan kami laporkan ke pihak berwajib dan akan meminta data perusahaan yang panitia menangkan untuk memastikan kebenaran dokomen perusahaan yg panitia menangkan dan apabila tidak diberikan maka akan kami gugat ke Komisi Informasi Publik (KIP),” tandasnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *