52 views

Daftar KPU, Perempuan Diuntungkan Tak Lolos Passing Grade Bisa Lanjut

HARIANFOKUS.com – Tim seleksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung akan mulai membuka pendaftaran rekrutmen KPU Lampung 2019-2024 pada Senin (22-7). Pada periode ini, berdasarkan ketentuan calon anggota dari perempuan akan lebih diuntungkan dan sudah diatur secara eksplisit, berbeda dengan seleksi periode lalu.

Anggota KPU RI, Evi Novida Ginting menyatakan, timsel sudah diberikan pembekalan untuk lebih mengutamakan perempuan dalam setiap tahapan, termasuk tahapan seleksi administrasi yakni mempertimbangkan 30 persen keterwakilan perempuan untuk mengikuti UTUL CAT (Ujian Tertulis dengan sistem Computer Assisted Test).

“Timsel sudah kami berikan pembekalan untuk lebih mengutamakan keterwakilan perempuan, termasuk dalam seleksi administrasi nanti yakni 30 persen untuk dapat mengikuti UTUl CAT,” kata dia usai melakukan klarifikasi kepada Budiono dan Hertanto di KPU Lampung, Sabtu (20-7) siang.

Koordinator Divisi Teknis dan Logistik ini lanjut mencontohkan, jika nanti dalam proses seleksi UTUL CAT ada peserta perempuan yang tidak lolos seleksi sesuai penilaian passing grade (60), maka diminta untuk tetap diloloskan dengan peserta perempuan ranking satu dan dua dengan nilai tertinggi.

“Dan standar minimal passing grade 60, dan apabila yang lolos tahapan ini tidak ada perempuan maka kami berharap timsel bisa untuk memasukan perempuan urutan nomor satu dan dua yang tertinggi nilainya.Dan tahapan yang lain kami berharap setiap tahapan ada perempuan,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Timsel KPU Lampung, Tuntun Sinaga menjelaskan dengan detil bahwa, dalam ketentuan mempertimbangkan 30 persen keterwakilan perempuan berlaku mulai dari tahapan penelitian administrasi.

“Calon yang lulus Penelitian Administrasi maksimal 60 calon yang ditentukan dengan skoring (penentuan kelulusan administrasi dalam 60 calon,afirmasi perempuan 30 persen dipertimbangkan. Jadi kalau ada 1000 calon maka kita ambil 60 calon, dari 60 calon itu kita mempertimbangkan 30 persen keterwakilan perempuan untuk mengikuti proses selanjutnya yaitu UTUL CAT,” jelasnya.

Untuk tahapan UTUL CAT, maka timsel akan tetap meloloskan dua perempuan dengan nilai tertinggi, jika dalam pengumuman UTUL CAT tidak ada perempuan yang lolos.

“Calon anggota yang lulus UTUL CAT maksimal 49 orang, dengan passing grade 60 dan disusun berdasarkan peringkat. Jika tidak ada perempuan yang memenuhi nilai ambang batas untuk memenuhi ketentuan keterwakilan perempuan maka dua perempuan yang memiliki nilai tertinggi dinyatakan lulus tes tertulis. Jadi, dua perempuan tersebut akan menggantikan posisi calon dua laki-laki yang berada di nilai terendah. Artinya, lolos passing grade belum tentu bisa lolos untuk mengikuti tahapan selanjutnya, tes psikologi,” urainya.

Setelah itu terang Dosen Bidang Ilmu Kajian Budaya Universitas Lampung (Unila) ini, calon akan melalui tes psikologi. Dalam tahapan tes psikologi ini, maksimal 42 orang dan wajib dengann kesimpulan direkomendasikan atau disarankan. Dengan mengukur integritas, kepribadian, sikap kerja, kepemimpinan dan intelegensia.

“Jika calon yang lulus tes psikologi kurang dari dua kali jumlah yang dibutuhkan yaitu 14 orang, timsel hanya menetapkan calon yang lulus tes psikologi untuk ke tahapan tes kesehatan. Meliputi tes jasmanai, rohani, dan narkoba. Terakhir tahapan tes tes wawancara untukn ditetapkan dua kali calon anggota, 14 orang, dengan tetap mempertimbangkan 30 persen keterwakilan perempuan,” tandasnya.(win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *