64 views

KPU Daerah Didorong Daftar Provinsi

HARIANFOKUS.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) se – kabupaten/kota diharapkan untuk mendaftar di KPU Provinsi yang tinggal beberapa hari lagi pendaftarannya akan ditutup.

Menurut Anggota KPU Lampung, Solihin, bukan hanya KPUD yang didorong mendaftar, tapi penyelenggara tingkat adhock juga diharapkan untuk ikut berkompetisi.

“Dari 7 orang anggota KPU provinsi yang nantinya terpilih semoga bisa ada minimal 4 orang yang sebelumnya sebagai penyelenggara baik di provinsi, kabupaten/ kota maupun penyelenggara adhock,” kata pemilik panggilan akrab Gus Choing ini, Selasa (30-7).

Dengan begitu sambung Gus Choing, ada kesinambungan pekerjaan dan tidak terlalu lama dalam adaptasi pekerjaan.

“Selain itu saya berharap bisa ada keterwakilan dari rekan-rekan pemantau pemilu, pemerhati pemilu baik akademisi, jurnalis maupun lembaga masyarakat untuk menjadi Anggota KPU Lampung,” ujarnya.

Dia berharap, timsel bisa memilih calon-calon Anggota KPU Lampung yang punya kemampuan pengetahuan kepemiluan diatas rata-rata passing grade yang sudah ditetapkan oleh KPU RI.

“Tentunya punya integritas dan loyalitas terhadap lembaga KPU sehingga bisa tetap terjaga marwah kewibawaan lembaga KPU sebagai sebuah lembaga penyelenggara pemilu yang punya integritas,” tegasnya.

Ditempat terpisah, Handy Mulyaningsih juga mempersilahkan, bagi KPUD kab/kota untuk mendaftar di provinsi, terutama yang sudah dua periode.

“Nggak perlu ijin. Silakan yang masih ingin menjadi komisioner daftar saja,” ungkapnya

Dia berharap, kedepannya komisioner yang terpilih harus lebih profesional, berkompeten dibidang kepemiluan, dan memiliki kapasitas manajerial dan penguasaan wilayah.

“Memiliki kapasitas IT (informasi tekhnologi) dan tentunya semua komisioner harus berintegritas,” kata Handi.

Dengan demikian sambung dia, KPU Provinsi Lampung akan dipercaya oleh masyarakat dan mampu mengembangkan demokrasi di Lampung.

“KPU Lampung ke depan harus menjadi pusat informasi kepemiluan bagi masyrakat Lampung,” tandansya.(win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *