37 views

Gubernur Resmi Buka PRL

HARIANFOKUS.com – Ribuan masyarakat Lampung berbondong-bondong menyaksikan Pekan Raya Lampung 2019 yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Arinal Djunaidi, di PKOR Way Halim, Bandarlampung, Sabtu (3/8/2019) malam.

Masyarakat memadati acara pembukaan pekan raya bergengsi itu, yang ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Gubernur, Wakil Gubernur Chusnunia Chalim, Ketua TP. PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, serta jajaran Forkopimda Provinsi Lampung.

Sebelum membuka acara, Gubernur, Wagub, Pj. Sekda, Ketua TP. PKK beserta Forkopimda mengunjungi anjungan Kabupaten/Kota. Dalam kesempatan itu, Gubernur Arinal mengunjungi anjungan Kabupaten Pesawaran, Lampung Timur, Mesuji, dan Pesisir Barat.

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal menjelaskan Pekan Raya Lampung 2019 dipersembahkan sebagai apresiasi kepada masyarakat Lampung atas kerjasama mereka dalam bahu membahu mendukung Pemerintah mewujudkan masyarakat Lampung Berjaya.

“Pekan Raya Lampung ini sebagai media informasi pembangunan kepada masyarakat dan media pameran dagang expo dan promosi investasi, pembelajaran, dan wadah interaksi serta sarana hiburan masyarakat,” jelas Gubernur Arinal.

Ia menjelaskan ke depannya kegiatan seperti ini akan terus dikembangkan sebagai upaya dalam memperkenalkan produk dan potensi Provinsi Lampung. “Kegiatan ini tak lepas dari harapan masyarakat untuk mengetahui tentang berbagai hal yang dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung. Sekaligus sebagai media promosi investasi dalam mendukung Provinsi Lampung berjaya kedepannya,” jelas Gubernur.

Gubernur Arinal menjelaskan Provinsi Lampung memiliki potensi luar biasa. Di antaranya memiliki letak sangat strategis sebagai penghubung Sumatera dan Jawa. Juga merupakan bagian tak terlepaskan dari pusat ekonomi Indonesia, Jakarta.

“Provinsi Lampung juga merupakan bagian tak terlepaskan dari produk Nasional, di antaranya sebagai Lumbung pangan nasional dimana Lampung merupakan penghasil tapioka nomor 1 dunia, pengasil nanas dan pisang nomor 1 dunia, penghasil jagung nomor 3, penghasil beras nomor 7. Lampung juga sebagai lumbung ternak Sumatera dan akan ditingkatkan menjadi lumbuk ternak nasional,” jelas Arinal.

Di sektor pertanian, jelas Gubernur, Lampung juga penghasil lada hitam nomor 1 dunia, penghasil kopi nomor 1 di Indonesia, dan penghasil coklat nomor 2 di Indonesia. Di sektor perikanan, Lampung merupakan penghasil udang terbesar di Asia.

“Namun pada kenyataannya rakyat masih belum berjaya. Untuk itu, pada rakor bupati/walikota kedepan, saya akan mengeluarkan kartu petani berjaya agar perekonomian kerakyatan dapat lebih baik lagi. Dan insha Allah ini menjadi pintu awal Lampung berjaya,” tuturnya.

Gubernur Arinal menegaskan pihaknya akan mengambil alih Ketua Forum Komunikasi Petani, ehingga dapat merasakan perih sakitnya para petani.

“Ini saya lakukan agar dapat merasakan secara langsung apa yang dirasakan petani, dan saya mengajak para bupati untuk menjadi ketua forum petani di daerahnya masing-masing,” ungkap Gubernur Arinal.

Dalam kesempatan itu, Gubernut Arinal juga menjelaskan bahwa pertumbuhan perekonomian Lampung menunjukkan hal positif, karena pertumbuhannya berada di atas rata-rata nasional.

“Tentunya hal ini akan terus ditingkatkan guna mendukung dan meningkatkan perekonomian rakyat Lampung. Di antaranya dengan meningkatkan produksi hilirisasi komoditas pertanian, peningkatan ekonomi kreatif, dan mendukung SDM-nya,” ujarnya.

Selain Pekan Raya Lampung, dalam waktu dekat Provinsi Lampung juga akan menggelar acara puncak Lampung Festival Krakatau pada 23-25 Agustus 2019.

“Lampung kaya akan festival. Perhelatan pekan raya Lampung dan Lampung krakatau Festival merupakan salah satu dari 33 janji kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung. Hal ini guna mendukung pariwisata Lampung dan upaya peningkatan ekonomi kreatif Lampung,” ujar Gubernur.

Sementara itu, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto menjelaskan bahwa Pekan Raya Lampung 2019 akan berlangsung 16 hari, mulai dari 3 agustus sampai 18 Agustus 2019, bertempat di PKK.

Sementara itu, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto menjelaskan bahwa Pekan Raya Lampung 2019 akan berlangsung 16 hari, mulai dari 3 agustus sampai 18 Agustus 2019, bertempat di PKOR Way Halim, Bandarlampung.

Pekan Raya Lampung ini, jelas Fahrizal, juga bertujuan sebagai sarana untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang hasil-hasil pembangunan atau prestasi yang telah dicapai dan yang akan dilaksanakan da|am berbagai sektor sebagai informasi tentang potensi daerah. Selain itu, sebagai media Pameran dagang, promosi investasi dan ekspo, serta menyajikan hiburan untuk masyarakat Provinsi Lampung.

Untuk memeriahkan Pekan Raya Lampung, Pemprov Lampung menghadirkan sederet artis ternama seperti Ayu Ting Ting yang akan tampil pada malam pembukaan ini, Band Kotak pada 5 Agustus, Band Hijau Daun 9 Agustus, Didi Kempot 11 Agustus, Band Republik 12 Agustus, dan Nassar KDI pada malam penutupan.

Acara ini diikuti 14 anjungan dan 253 stand, baik itu dari pemkab, pemkot, Pemprov Lampung, BUMN, BUMD, UKM, dan lainnya. (HF/rif)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *