11 views

DPRD Tanggamus Gelar Paripurna Mendengarkan Pidato Kemerdekaan

HARIANFOKUS.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanggamus laksanakan Rapat Paripurna Istimewa mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka memperingati HUT RI ke 74 Kabupaten Tanggamus Tahun 2019.

Rapat Paripurna Istimewa yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tanggamus itu dimulai sekira pukul 08.30 WIB, di Ruang rapat DPRD Kabupaten Tanggamus, Jumat (16/8/2019).

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Heri Agus Setiawan, S.Sos (Ketua DPRD Kab. Tanggamus), Hj. Dewi Handajani SE.MM (Bupati Tanggamus), Hi. Syafi’i S.Ag. (Wakil Bupati Tanggamus), Letkol Arh Anang Hasto Utomo S.IP.,M.Han (Dandim 0424/Tanggamus), AKBP Joko Bintoro (PLH Kapolres Tanggamus), David Palapa Duarsa , SH.,M.H (Kepala Kejaksaan Negeri Tanggamus), Ardi Wijayanto S.H., M.Hum (Ketua Pengadilan Negeri Tanggamus), Suratman SE (Sekwan Tanggamus), Drs. Jonsen Vanisa (Asisten I Sekda Tanggamus), Ir. FB. Karjiono (Asisten II Sekda Tanggamus), Drs. Firman Ranie (Asisten III Sekda Tanggamus), Yumin (Kasat Pol PP Tanggsmus), Ajpani (Kakesbangpol Tanggamus), 24 orang Anggota DPRD Tanggamus, para Camat se kab. Tanggamus, Para kepala OPD, perwakilan Ormas Kab. Tanggamus, unsur Pers dan 150 undangan.

Dalam sambutan Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan menyampaikan, rapat Paripurna istimewa tersebut digelar untuk mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka memperingati HUT RI ke 74 Tahun 2019.

“Mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara sehingga kita dapat mendukung terlaksananya pembangunan disegala bidang untuk mencapai masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Tanggamus yang sejahtera,” kata Heri.

Heri Agus Setiawan mengungkapkan, logo 74 tahun Kemerdekaan RI itu melambangkan sinergi, kolaborasi, inspirasi dan semangat bekerja tiada henti untuk membangun negeri.

“Logo yang terdiri dari angka 7 dan 4, di antara angka tersebut terdapat sudut yang melambangkan kolaborasi dan visi menuju progres yang lebih baik. Sesuai dengan Tema “SDM Unggul Indonesia Maju”, ungkapnya.

Usai mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka memperingati HUT RI ke 74 Tahun 2019 dari gedung DPRRI Jakarta. Agenda dilanjutkan dengan penyampaian Rancangan APBD Kabupaten Tanggamus Tahun 2020.

Bupati Tanggamus dalam sambutannya menyampaikan, penyampaian Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja
Daerah (RAPBD) Kabupaten Tanggamus Tahun Anggaran 2020 merupakan momen yang sangat penting, mengingat penyusunan APBD Tahun Anggaran 2020 merupakan wujud konkrit dari kerjasama antara Pemerintah Daerah dan DPRD.

“Pelaksanaan penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang strategi kebijakan, dan mengarah pada sasaran pembangunan,” ujar Dewi.

Dewi menjelaskan, penyusunan RAPBD merupakan upaya dalam menjaga kesinambungan pembangunan, terencana dan sistematis yang dilaksanakan oleh seluruh komponen daerah dengan memanfaatkan berbagai
sumberdaya yang tersedia secara optimal, efisien, efektif dan akuntabel dengan tujuan akhir meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat Kabupaten Tanggamus secara berkelanjutan.

“Dengan demikian Rancangan APBD Tahun Anggaran 2020 ini harus dapat menjadi instrument fiskal Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan ekonomi khususnya dalam pemerataan upaya
pengentasan kemiskinan, mengatasi ketimpangan, dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, ditengah perekonomian masyarakat yang belum sepenuhnya normal,” terang Bupati.

Selanjutnya Dewi Handajani mengatakan, penyusunan RAPBD Tahun 2020, harus tetap dilakukan secara realistis, kredibel, berdaya
tahan dan berkelanjutan untuk menjaga stabilitas keuangan Daerah.

“Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus Tahun 2020 yang ditetapkan melalui Peraturan Bupati Nomor 44 Tahun 2019, dan dalam KUA-PPAS Tahun Anggaran 2020 yang telah kita sepakati dan tandatangani bersama,” ungkapnya.

Didalam kedua dokumen tersebut, lanjut Bupati, telah digariskan bahwa tema pembangunan Kabupaten Tanggamus Tahun 2020 adalah “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Untuk Penanggulangan Kemiskinan dan Pertumbuhan yang Berkualitas”.

“Maka prioritas berdasarkan tema tersebut pembangunan Kabupaten Tanggamus Tahun 2020 yaitu, penguatan daya infrastruktur dan dukung konektivitas, pembangunan dan pengentasan kemiskinan, peningkatan nilai tambah ekonomi dan kesempatan kerja, pemantapan ketahanan pangan, air, energi dan
lingkungan hidup berbasis mitigasi bencana, penguatan tata kelola pemerintahan dan stabilitas
kamtibmas,” ungkap Bupati.

Disamping itu penyusunan program dan kegiatan tahun 2020 juga diarahkan untuk mewujudkan Visi Kabupaten Tanggamus yang Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera, dilaksanakan melalui program inovatif seperti Program Pelayanan RATU (Ramah, Amanah, Tegas dan Unggul), Program Pesona Wisata RATU, serta penjaringan aspirasi masyarakat melalui Program BUDE SAR’I (Bunda Dewi Serap Aspirasi dan Informasi).

“Sejalan dengan tema dan prioritas pembangunan Tahun 2020, maka kami telah berupaya semaksimal
mungkin untuk menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020,” lanjutnya.

Adapun ringkasan RAPBD Tahun 2020 adalah sebagai berikut.

1. Pendapatan Daerah Kabupaten Tanggamus pada tahun 2020 dianggarkan sebesar 1,90 Triliun Rupiah yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah sebesar 113,73 Miliar Rupiah, Dana Perimbangan sebesar
1,22 Triliun Rupiah serta Lain-Lain Pendapatan Daerah Yang Sah sebesar 570,82 Miliar Rupiah.

2. Belanja Daerah Kabupaten Tanggamus Tahun 2020 dianggarkan sebesar 1,90 Triliun Rupiah yang terdiri dari Belanja Tidak Langsung sebesar 1,12 Triliun Rupiah dan Belanja Langsung yang mencapai 776,59 Miliar Rupiah Secara garis besar Belanja Daerah digunakan untuk pembiayaan program prioritas tahun 2020 dalam melaksanakan 55 Rencana Aksi De-Sa Asik, disamping itu juga dialokasikan untuk pemenuhan kewajiban pemerintah daerah yang telah diatur melalui peraturan perundangan-undangan seperti Desa, fungsi pendidikan,
pengalokasian Dana kesehatan, infrastruktur, peningkatan kapasitas SDM dan penguatan APIP.

3. Pembiayaan Daerah Kabupaten Tanggamus Tahun 2020 secara total sebesar 2,8 Miliar Rupiah yang dipergunakan untuk Penyertaan Modal (Investasi) Pemerintah Daerah kepada Badan Usaha Milik Daerah yaitu Bank Perkreditan Rakyat Syariah Tanggamus sebesar 1,8 Miliar Rupiah dan PT. Bank Lampung sebesar 1 Miliar Rupiah Dengan kondisi tersebut maka Rancangan APBD Kabupaten Tanggamus Tahun Anggaran 2020 tetap dalam kondisi anggaran berimbang antara Pendapatan
Daerah, Belanja Daerah dan Pembiayaan Daerah.

“Demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan sebagai pengantar terhadap Rancangan APBD
Kabupaten Tanggamus Tahun Anggaran 2020 secara resmi saya sampaikan kepada saudara Ketua Dewan dalam Sidang Paripurna yang terhormat ini, sebagai bahan pembahasan lebih lanjut,” pungkas Bupati. (suh)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *