51 views

Tiga KPU Daerah Yang Disanksi DKPP

HARIANFOKUS.com – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) kembali memberikan sanksi etik kepada pemyelenggara Pemilu. Kali ini, DKKP memberikan sanksi peringatan keras kepada Ketua KPU Lampung Timur, Andri Oktaviana.

Andri menjadi Teradu dalam perkara 118-PKE-DKPP/VI/2019, DKPP memutuskan peringatan keras sekaligus pencopotan dari jabatan sebagai ketua.

“Menjatuhkan sanksi berupa peringatan keras dan pemberhentian dari jabatan ketua kepada teradu I Andri Oktaviana,” kata Ketua majelis, Alfitra Salam dalam sidang yang digelar di Ruang Sidang DKPP, lantai 5, Jalan MH Thamrin No. 14,  Jakarta Pusat pada Rabu (21/8).

Sedangkan, empat anggota KPU Lamtim : Wanahari, Wasiat Jarwo Asmoro, dan Maria, Husen mendapatkan sanksi dari rehabilitasi dari DKPP.

Sebelumnya juga, DKPP telah mencopot Ketua KPU Lampung Selatan (M Abdul Hafid) dan Ketua KPU Pesisir Barat (Yurlisman).

Untuk kasus M Abdul Hafid, DKPP menganggap, komisioner dua periode itu bersalah karena tidak menindaklanjuti hasil sidang putusan DKPP bernomor 58-PKE-DKPP/IV/2019 yang memutuskan perkara dari pengadu, Tarmizi, warga Lamsel.

Berbarengan dengan putusan itu, DKPP juga memutusakan sanksi ke komisioner KPU Pesisir Barat. Yurlisman yang menjabat sebagi ketua dicopot dari jabatannya digantikan Yulyanto.

DKPP juga memberikan sanksi kepada komisioner lainnya, yakni Yulyanto, Jefri, dan Tulus Basuki.(win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *