27 views

KPU Gelar Bimtek Sidalih Versi 4.0

HARIANFOKUS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU)Provinsi dan 8 (delapan) KPU Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada 2020 mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) Versi 4.0 di Jakarta yang dilaksanakan oleh KPU RI dari tanggal 09-11 Maret 2020. Peserta terdiri dari komisioner KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota divisi yang membidangi perencanaan, program dan data dan satu orang operator Sidalih.

Arief Budiman Ketua KPU RI dalam sambutannya dalam pembukaan Bimtek Sidalih menegaskan bahwa Pemutakhiran Data Pemilih sangat penting dalam setiap penyelenggaraan pemilu atau pemilihan.m

“Maka oleh karena itu KPU terus berinovasi dengan mempersiapkan SDM yang semakin baik dan berkualitas,” ucapnya.

Selain itu KPU juga memperkuat dukungan teknologi informasi untuk mempermudah dan efektif dalam kerja-kerja pelaksanaan setiap tahapan termasuk dalam tahapan pemutakhiran data pemilih dengan mengembangkan Aplikasi Sidalih dari waktu ke waktu.

“Dukungan teknologi informasi ini sebagai wujud kerja secara transparan sehingga semua pihak dapat mengakses informasi pemilu atau pemilihan dengan cepat dan mudah yang dapat diakses dimana saja, oleh siapa saja dan kapan saja. Dengan Aplikasi Sidalih ini KPU dapat menghadirkan data pemilih yang update, akurat dan mutakhir,” urai dia.

Dalam pelaksanaan bimtek kali ini KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota dikenalkan dengan aplikasi Sidalih 4.0. Aplikasi ini adalah versi generasi ke empat hasil pengembangan aplikasi Sidalih generasi sebelumnya dan terdapat pembaharuan didalamnya dan mengenalkan fitur-fitur baru dari Sidalih 4.0.

Hadir pula sebagai narasumber bimtek dari Bawaslu RI yaitu Fritz Edwar Siregar yang bicara tentang Kebijakan Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih di Pilkada 2020 dan dari Ditjen Administrasi Wilayah dan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri.(Pakcik)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *