401 views

Terbukti Curang, Bawaslu Diskualifikasi Kemenangan Paslon Eva Dwiana-Deddy

HARIANFOKUS.com- Majelis Sidang Pemeriksa Bawaslu Lampung akhirnya mengabulkan tuntutan pelapor paslon 02 Yusuf Kohar-Tulus Purnomo di Pilwakot Bandarlampung terhadap paslon 03 Eva Dwiana-Deddy Amarullah, Rabu (6/1).

Pembacaan putusan ini dilakukan di Hotel Bukit Randu dan dipimpin oleh Ketua Majelis Sidang, Fatikhatul Khoiriyah.

Dalam putusan itu, Khoir menyampaikan bahwa Paslon Eva-Deddy secara sah melakukan pelanggaran TSM (terstruktur, sistematis, dan masif) untuk mempengaruhi pemilih.

Dan sebagai sanksinya Bawaslu merekomendasikan agar paslon yang diusung PDIP, NasDem, dan Gerindra ini untuk dibatalkan sebagai paslon dengan perolehan suara terbanyak.

“Memutuskan, menyatakan, terlapor terbukti secara sah melakukan pelanggaran TSM untuk memengaruhi pemilih. Membatalkan paslon 03 dan memerintahkan KPU untuk membatalkan putusan pleno,” ujar Khoir sembari mengetok palu.

Sementara, PH pelapor, Ahmad Handoko mengapresiasi atas kinerja majelis sidang yang sudah mengakomodir semua bukti dan saksi yang telah disampaikan selama tahapan sidang.

“Kami minta agar KPU segera menindaklanjuti putusan ini,” ungkap Handoko.

Diketahui, Pilwakot Bandarlampung diikuti oleh 3 paslon. Pertama, Rycko Menoza-Johan Sulaiman yang diusung oleh Partai Golkar dan PKS. Kemudian, Yusuf Kohar-Tulus Purnomo yang didukung oleh Partai Demokrat, PAN, PKB, PPP, dan Perindo. Terakhir, Eva Dwiana-Deddy Amarullah diusung PDIP, NasDem, dan Gerindra.

Eva Dwiana-Deddy Amarullah unggul dengan perolehan suara sebanyak 249.241.(win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *