6 views

Umar Ahmad Gowes Jelajah Wisata

HARIANFOKUS.com – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Lampung, Heffinur bersama Bupati Tulang bawang Barat (Tubaba), Umar Ahmad dan Forkopimda gowes bareng menjelajahi sejumlah Icon wisata di kabupaten setempat, Sabtu (05/06/2021).

Kajati Heffinur bersama rombongan Kejati tiba di Exit Tol Penumangan Kabupaten Tubaba sekitar pukul 07. 00 WIB, untuk melakukan gowes bersama menempuh rute yang telah ditentukan. dengan jarak sekitar 20 kilometer.

Para peserta Gowes mulai star dari titik Exit pintu tol penumangan-Menggala, patung Megou Pak, Simpang 3 panaragan Tiyuh (Desa) hingga finish di komplek Uluan Nughik Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tubaba.

Kemudian, sekira Pukul 07.55 WIB para peserta gowes wisata bersama tiba di Gerbang perkantoran Pemkab Tubaba. Dilanjutkan pukul 08.05 WIB peserta kembali tiba di patung Megou Pak Tiyuh Panaragan.

Sekitar pukul 08.45 Wib peserta gowes tiba di Komplek Uluan Nughik dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah di Cafe rumah adat Baduy Kelurahan Panaragan Jaya, sembari
menyaksikan persembahan tari Nenemo yang mengandung arti kerja keras, keserasian, keselarasan dan keseimbangan serta keikhlasan bergotong royong.

Selanjutnya, sekira pukul 09.35 WIB Kajati Lampung bersama Bupati Umar melakukan penyerahan bibit durian Musang King, Alpukat Mentega dan Jeruk Banjar, kepada sejumlah perwakilan petani di Kabupaten Tubaba.

Kemudian, Kajati Heffinur bersama rombongan Forkopimda, meninjau dan berkeliling komplek Uluan Nughik dengan menggunakan kendaraan motor ATV.

Pada kesempatan itu, Bupati Umar Ahmad memaparkan awal terbentuknya kompleks Kota Budaya Uluan Nughik kepada Kajati Lampung.

Dikatakan Umar, saat pembukaan kawasan Uluan Nughik datang 7 orang menghadiahkan satu unit rumah yang diperuntukkan untuk rumah Baduy, itulah yang dijadikan simbol peletakan batu pertama pembangunan kawasan Ini.

Menurutnya, pada waktu itu dirinya mendapat sejumlah kritikan negatif dari beberapa kalangan. Kenapa harus diberi nama Baduy, bukankah ini adalah tanah Lampung yang memiliki keagungan, dan keluhuran budaya.

“Karena sering ditanya, akhirnya kami menemukan jawaban kenapa diberi nama Baduy di tempat ini. Ternyata tempat ini, banyak sekali nilai yang tidak lagi berada ditubuh keluarganya jadi nilai-nilai itu hanya ada di ceramah bupati, ceramah para ustad tapi tidak menjadi perilaku hidup dari masyarakat. Nilai-nilai itu adalah, yang diingatkan oleh Baduy kesederhanaan, kesetaraan dan kelestarian,” jelas Umar.

Kemudian, lanjutnya, jika ditanya ciri-ciri orang Tubaba itu seperti apa, tentu orang yang memegang teguh prinsip Nenemo bekerja keras, tidak kenal menyerah dan keikhlasan ditambah 3 nilai sederhana, setara dan lestari.

“Proses-proses kami, membentuk orang dan membangun ruang yang ada di Tubaba, Inilah yang disebut dengan perjalanan pulang ke masa depan,” tukasnya.

Sementara itu, Kajati Lampung, Heffinur memberikan apresiasi kepada Bupati Umar atas sambutan dan penyiapan kegiatan gowes bareng.

“Tahun ini, merupakan kali kedua berkunjung ke Tubaba untuk jelajahi wisata, meskipun awal kunjungan pertama dalam kegiatan kunjungan kerja sudah pernah bertemu Bupati di Manggala. Tapi, kegiatan kali ini kumpul bersama suasana menjadi cair dengan kebersamaan,” ujarnya.

Heffinur menjelaskan, sebelumnya juga sudah berkunjung ke Metro, Lampung Selatan, dan Lampung Timur. Kemudian, kunjungan akan dilanjutkan ke Lampung Utara dan Pringsewu.

“Kita berada disini, melakukan gowes bareng untuk lebih mengenal tempat wisata, adat istiadat dan juga makanan khas rumahan buatan tangan penduduk asli Kabupaten Tubaba,” pungkasnya.

Untuk diketahui, hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Asisten Intelijen Kejati, Edi Winarko, Wakil Bupati (Wabup) Tubaba Fauzi Hasan, Ketua DPRD Ponco Nugroho, Dandim 0412/LU Letkol INF Harry Prabowo, Kapolres Tubaba AKBP Hadi Saepul Rahman, SIK Kajari Bandar Lampung Hentoro Cahyono, dan Kajari Tuba Diah Ambarwati.

Kemudian, Danlanud M. Bunyamin Tuba Letkol Nav Yohanas Ridwan Pabung Tubaba, Mayor Inf A. Sunarya, Sekdakab Tubaba Novriwan Jaya, Asisten I,II, dan III Pemkab Tubaba juga seluruh pejabat kabupaten setempat.
( Rijal )

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *