6 views

Ketersediaan Darah Turun, PMI Buat Gerai Donor

HARIANFOKUS.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung patut diacungi jempol. Terobosan kemanusiaan dilahirkan bersamaan dengan perayaan HUT ke-76 PMI, Jumat (17/9) siang.

Terobosan kemanusiaan itu berupa lahirnya Gerai Donor Darah yang dilaunching operasionalnya oleh Ketua PMI Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, di Markas PMI Provinsi Lampung, Jln. Hasanuddin No 26 Telukbetung.

Menurut Wakil Ketua PMI Lampung, Rudi Syawal, di masa pandemi Covid-19 ini terjadi penurunan ketersediaan darah transfusi yang signifikan, sebagai dampak pembatasan aktivitas berkumpul.

Dikatakan, saat ini, ketersediaan stok darah di UDD PMI Provinsi Lampung, yaitu stok darah biasa sebanyak 97 kantong, dan stok plasma konvalesen sebanyak 65 kantong.

Terkait plasma konvalesen, Rudi Syawal secara khusus menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Arinal Djunaidi, karena atas bantuannya, stok plasma konvalesen semakin meningkat.

“Alhamdulillah semenjak PMI Lampung mendapat bantuan berupa alat penunjang sterile connecting device (SCD) dari Gubernur Lampung, ketersediaan plasma konvalesen semakin meningkat dan membantu dalam penanganan Covid-19,” ungkap Rudi Syawal yang sehari-hari menjabat kepala BPBD Lampung.

Ditambahkan, plasma konvalesen yang telah disalurkan oleh UDD PMI Lampung dari Januari sampai September 2021, sebanyak 582 kantong.

Peringatan HUT PMI tahun ini mengusung tema “Bergerak Bersama, Untuk Sesama”.

Sementara Ketua PMI Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, dalam sambutannya menerangkan, tema tersebut mengandung makna bahwa PMI harus bergerak bersama dalam jalinan koordinasi dengan setiap pemangku kepentingan serta mempererat dan memperluas jejaring kemitraan guna mempermudah dan mempercepat pelayanan kemanusiaan.

“Saya mengajak semua pihak agar kita dapat bersinergi bersama untuk menunaikan tugas kemanusiaan,” ujarnya.

Terkait pembukaan Gerai Donor Darah di Markas PMI Provinsi Lampung, Riana Sari berharap, dapat melayani masyarakat yang tinggal dan bekerja di sekitaran wilayah Telukbetung yang akan mendonorkan darahnya.

“Hadir di tengah-tengah kita anak-anak thalasemia yang mudah-mudahan menjadi penyemangat bagi kita semua, bahwa darah yang kita donorkan dapat membantu kehidupan orang lain,” sambungnya.

Di sela acara, dilakukan penyerahan sertifikat dari Badan POM RI dan plakat dari Organisasi Donor Darah Sukarela (DDS) Bandarlampung serta bingkisan kepada ketua PMI Provinsi Lampung.

Di akhir acara dilakukan pengguntingan pita oleh Ketua PMI Provinsi Lampung menandai peresmian Gerai Donor Darah, dilanjutkan dengan meninjau Gerai Donor Darah.
Pada peringatan HUT Ke-76 PMI ini juga diselenggarakan kegiatan donor darah dengan target 76 pendonor, podcast oleh Ketua PMI Provinsi Lampung dan pentas seni oleh anak-anak penyintas thalasemia. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *