21 views

Lampung Tuan Rumah Acara KMNU

HARIANFOKUS.com – Provinsi Lampung akan menjadi tuan rumah kegiatan Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Nasional, pada tanggal 24-26 September mendatang.

Tuan rumah kegiatan tahunan bertajuk NU Science and Cultural Art (Nusantara) 2021 ini adalah KMNU Universitas Lampung. Tahun 2020 silam, kegiatan akbar itu diselenggarakan di Yogyakarta dengan KMNU Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga sebagai tuan rumahnya.

“Acara ini dilaksanakan secara daring dan akan diikuti 29 perguruan tinggi, baik dari dalam ataupun luar negeri,” kata Ketua Pelaksana Nusantara, Idhar Fisabilhaq, seperti dikutip dari NU Online, Jumat (17/9).

Dikatakan, Nusantara 2021 ini mengangkat tema singkat yakni “Siger”, yang merupakan singkatan dari Semangat Berkompetisi Lestarikan Seni, Guna Kader Nahdlatul Ulama yang Berkarakter.

Tema ini, menurut Idhar, diambil sebagai perwujudan dalam menjawab salah satu tantangan ke depan dalam berorganisasi, dengan melestarikan kebudayaan dan kearifan lokal.

Ia menambahkan, kegiatan ini diharapkan mampu merintis masa depan peradaban dunia yang damai dengan nilai-nilai Islam Nusantara sebagai landasannya.

“Kegiatan ini diharapkan mampu menambah wawasan, menggali dan memfasilitasi potensi, serta mengapresiasi prestasi para mahasiswa Nahdlatul Ulama yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Nasional,” tambahny.

Idhar menjelaskan, pelaksanaan Nusantara 2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bila sebelumnya perlombaan dilakukan secara langsung, ditengah pandemi Covid-19 kali ini, lomba diadakan secara online. Tercatat lebih dari 300 peserta dari 29 perguruan tinggi akan terlibat.

“Peserta lomba berasal dari KMNU yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Nasional. Setiap perguruan tinggi mengirimkan delegasi untuk berpartisipasi pada ajang Nusantara ini,” jelasnya.

Adapun lomba yang dihelat pada tahun ini meliputi Cover shalawat, LKTI, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), kompetisi mobile legend, Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), dan Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK).
Selain perlombaan, Idhar menambahkan, dalam Nusantara 2021 ini juga digelar acara lain, seperti webinar internasional dengan menghadirkan pemateri dari dalam dan luar negeri. Seperti Rais PBNU, KH Ahmad Ishomuddin, juga Gus Nadirsyah Hosen dari Australia. Juga dihelat forum silaturahmi, dan Nusantara Bershalawat.

“Nusantara adalah bentuk komitmen pengurus pusat Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama dalam mengembangkan minat dan bakat anggotanya, terutama dalam bidang keagamaan dan akademik. Mudah-mudahan kegiatan tersebut akan menjadi wadah dalam melestarikan kebudayaan serta dakwah untuk bertukar wawasan dan jejaring,” kata Idhar. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *