56 views

Bawaslu Ungkap Potensi Permasalahan Pemilu Serentak 2024

HARIANFOKUS.com – Ratna Dewi Pettalolo,Anggota Bawaslu Republik Indonesia mengungkapkan sejumlah potensi permasalahan Pemilu serentak 2024.

Hal ini disampaikan Ratna saat menjadi keynote speaker di Kuliah Umum Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung, Selasa (21/9) yang digela secara webinar.

Selain Ratna hadir juga sebagai pemateri akademisi Unila, Robi Cahyadi, Kajur Ilmu Pemerintahan Unila (Sigit Krisbintoro) dan Sekjur Ilmu Pemerintahan Unila (Darmawan Purba).

Menurut Ratna Pemilu serentak 2024 ada sejumlah potensi permasalahan diantaranya pandemi Covid-19 yang masih berlangsung bahkan adanya varian virus baru.

“Adanya perbedaan pengaturan penegak hukum yang berbeda antara Pemilu dengan Pemilihan. Hal ini akan membingungkan bagi para pencari keadilan,” ungkapnya.

Selain itu, potensi selanjutnya adalah beban penyelenggara pemilu yang tinggi, khususnya ditingkat TPS dapat membuat keengganan masyarakat menjadi penyelenggara.

“Potensi yang timbul juga dapat membuat pemilih kebingungan karena banyaknya surat suara,” ucap dia.

Potensi lainnya yang tidak kalah untuk diperhatikan adalah masalah irisan tahap penyelenggara dan pemuktahiran data pemilih yang berdekatan.

“Penyelenggara adhoc Pemilu maka otomatis akan menjadi penyelenggara pemilihan. Kalau tidak maka akan memerlukan waktu dan anggaran rekrutmen yang berbeda,” tandasnya.

Kuliah Umum ini mengangkat tema: *PENATAAN SUMBER DAYA APARATUR PENGAWAS PEMILU YANG PROFESIONAL, BERINTEGRITAS, DAN HANDAL DALAM MENGHADAPI PEMILU DAN PEMILIHAN SERENTAK TAHUN 2024”.(win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *