18 views

Pemkab Lamsel Ajukan 3.591 Formasi

HARIAN FOKUS.COM– Badan Kepegawaian Pendidikan dan Latihan (BKPL) Lampung Selatan mengajukan 3.591 formasi rekrutmen CPNS ke Kementerian Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI. Langkah ini dilakukan karena Pemkab Lamsel kekurangan tenaga pegawai negeri sipil

Pengajuan tersebut berdasar pada hasil perhitungan analisis jabatan (anjab) tentang jumlah kebutuhan pegawai di lingkup Pemkab Lampung Selatan.

Kepala BKPL Lampung Selatan Akar Wibowo mengatakan dari hasil anjab tersebut idealnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan memiliki pegawai sebanyak 12.977 orang. Namun kenyataannya jumlah keseluruhan pegawai kini hanya ada sebanyak 9.486 orang.

“Untuk formasinya sudah kami usulkan akhir November 2015 lalu, melalui aplikasi E-Formasi milik Kemenpan RB,” ujarnya, (18/12) lalu kepada awak media.

Dikatakannya, untuk formasi yang diajukan meliputi formasi tenaga teknis 573 orang, guru 2.485 orang dan kesehatan 533 orang.

“Kabar pengangkatan CPNS formasi umum tahun 2016 memang sudah ada, tapi yang memutuskannya pusat. Kami hanya melaksanakan instruksi. Yang pasti saat ini kami kekurangan pegawai sebanyak 3.591 orang, dan itu yang diusulkan,” lanjut Akar.

Untuk menutupi kekurangan tenaga PNS tersebut, kata dia, pihaknya terpaksa memaksimalkan pegawai yang ada dengan dibantu tenaga honorer lepas sukarela (THLS) di masing-masing satuan kerja.

“Sementara ini kami optimalkan yang ada, rata-rata satker membutuhkan pegawai. Saat ini, pekerjaan yang harus dikerjakan dua orang kini dipaksakan dikerjakan satu orang. Ini cara untuk mengatasi kekurangan,” ujar Akar.

Rekrutmen CPNS yang dilakukan, lanjut dia, dapat membantu para lulusan diploma 3 (minimal D-3) dan strata 1 (S-1) dapat mengabdikan diri untuk negara khususnya untuk daerah Lampung Selatan. (*)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *