19 views

Sambut Libur Natal dan Tahun Baru, ASDP Siapkan 47 Kapal Besar

HARIAN FOKUS.COM – Sambut libur Natal dan Tahun baru, PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) dan otoritas pelabuhan penyeberangan (OPP) Merak bakal menyiapkan 47 kapal ferri dengan bobot rata-rata 5.000 grosston (GT) untuk menyambut libur Natal dan pergantian tahun, sekaligus libur sekolah.
“Untuk mengantisipasi kondisi cuaca yang sering berubah ekstrim menjelang akhir tahun, kami optimalkan sebagian besar kapal yang beroperasi memiliki bobot yang cukup besar,” kata Manajer Operasional PT ASDP cabang Bakauheni, Heru Purwanto, (18/12) lalu kepada awak media.
Selain kapal bertonase besar, Heru menjelaskan pihaknya juga menyiapkan toangboat untuk membantu ferry yang mengalami kesulitan sandar lantaran gangguan cuaca yang cukup ekstrem. Sejak sepekan terakhir terpantau arus laut cukup kuat, dengan embusan angin yang mencapai 25-30 knot.
“Akibat gangguan cuaca, kendala yang terjadi mungkin waktu tempuh kapal lintas Baakauheni-Merak yang biasanya membutuhkan waktu 2 sampai 2,5 jam. Bisa menjadi 3-4 jam,” ujarnya.
Tidak ada persiapan khusus seperti mudik lebaran, ujar Heru, arus penyeberangan pelabuhan Merak-banten pada libur Natal dan pergantian tahun baru bakal dilayani 47 kapal feri.
“Fasilitas pelabuhan sudah siap dan seluruh dermaga juga siap beroperasi,” ungkap Heru.
ASDP Cabang Bakauheni memprediksi, arus penyeberangan pada libur natal dan pergantian tahun baru kali ini tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya. Dimana peningkatan arus penumpang pejalan kaki dan kendaraan masih sebatas wajar dan normal.
“Tidak akan ada peningkatan yang berarti pada angkutan libur Natal dan libur pergantian tahun baru kali ini dibanding dengan tahun lalu. Apalagi saat ini kondisi ekonomi cukup lesu,” kata Manager Operasional PT ASDP Cabang Bakauheni itu.
Sementara, untuk menghadapi hari raya Natal dan tahun 2016, Polres Lampung Selatan akan gelar pasukan Operasi Lilin pada Senin (21/12/2015) besok. Pengamanan tempat ibadah umat kristen dan Katolik merayakan Natal menjadi fokus utama aparat Polres Lampung Selatan. Selain gereja, pengamanan akan fokus di pelabuhan penyeberangan Bakauheni dan temoat tempat wisata.
“Pasukan sedang kita persiapkan. Kita akan gelar pasukan untuk operasi lilin Senin (21/12/2015). Anggota kami akan kita fokuskan untuk melakukan pengamanan di gereja-gereja,Ppelabuhan Bakauheni, dan kawasan objek wisata atau pusat keramaian lainnya,” kata Kapolres Lampung Selatan AKBP Adi Ferdian Saputra.
Kasat lantas Polres Lampung Selatan, AKP Mubiarto menambahkan, pihaknya juga akan menyiapkan rekayasa lalu lintas di tempat-tempat wisata. Seperti di Pantai Mutun, Kecamatan Padang Cermin dan Tigeneneng, Kabupaten Pesawaran serta Pantai Pasir Putih, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan.
“Saat libur pergantian tahun banyak warga yang menghabiskan waktu ke tempat-tempat objek wisata. Akibatnya, titik-titik kawasan objek wisata bisa macet. Karena itu, kita siapkan rekayasa lalu lintas,” ungkap AKP Mubiarto. (*)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *