33 views

Disdukcapil Lamtim Kekurangan Alat KTP-e

HARIANFOKUS.COM – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Timur kualahan melayani permintaan masyarakat untuk memiliki KTP-e. Penyebabnya, minimnya peralatan untu mencetak Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-e),

Kasi Kepelayanan Penduduk Disdukcapil Lamtim Denny Kurniawan R. S.Ip Mh mendamping Kabid Kependudukan Indra Gandi S.Ip mengatakan, sementara ini Disdukcapil memiliki dua mesin cetak untuk pembuatan KTP-e.

“Disdukapil belum optimal dalam melayani permintaan masyarakat,’katanya.

Kendati demikian, Disdukcapil Kabupaten Lampung Timur tetap gencar melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyrakat Lampung Timur tentang pentingnya memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-e).

” Ya, kami terkendala dengan minimya alat untuk cetak KTP itu sendiri. Kami hanya memiliki dua mesin cetak KTP yang harus melayani masyrakat di 24 kecamatan di kabupaten ini. Itu berarti satu mesin cetak harus melayani 12 kecamatan. Bila mesin ini di paksa untuk mencetak ratusan KTP dalam sehari, maka dapat membuat rusak mesin itu sendiri. Meski sementara ini peralatan kita minim, sosialisasi ke masyarakat tetap kami tingkatkan,”ujarnya.

Ia melanjutkan, jumlah masyrakat di kabupaten Lamtim yang telah wajib KTP-e sebanyak 824.204 masyrakat, yang telah melakukan rekaman berjumlah 604.175, yang Belum melakukan rekaman berjumlah  220.029 warga, sedangkan yang Sudah cetak 584.139 dan yang Belum cetak sebanyak 18.673.

” Sesuai dengan data yang di peroleh hingga sampai Desember ini, jumlah penduduk yang telah wajib KTP sangat besar, dan tiap tahunnya pasti ada peningkatan,”ujarnya.

Ia berharap di tahun 2016 pelaksanaan pembuatan KTP-e dapat berjalan lancar tanpa ada kendala dengan tambahan peralatan untuk mencetak KTP-e serta jaringan yang memadai tanpa ada gangguan jaringan, sehingga masyrakat di kabupaten Lamtim dapat di layani dengan baik dan cepat.

” Tahun depan mudah-mudahan ada bantuan mesin atau alat untuk cetak KTP-e ini, dan jaringan yang untuk mengirim perekaman tidak mengalami gangguan, karena jaringan juga sangat berpengaruh untuk kelancaran pembuatan KTP-e untuk masyrakat. Jika semua berjalan dengan baik, kami yakin disdukcapil Lamtim dapat mencapai target 90 persen,”kata Denny, Senin (21/12/2015).

Selain itu, ia menghimbau kepada masyrakat Lamtim yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik untuk segera melengkapi diri dengan KTP-e.

” Bila belum memiliki KTP-e, KTP-e nya rusak atau hilang silahkan datang langsung ke masing-masing wilayah kecamatannya atau ke Disdukcapil, pasti akan kami layani, dan ini gratis tidak ada pemungutan biaya. Bagi masyrakat KTP-e yang hilang harap menyertai surat kehilangan dari pihak kepolisian,” tandasnya. (gih)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *