19 views

Empat Poin yang Disiapkan Panwas Balam dan Pesbar Hadapi Gugatan di MK

HARIANFOKUS.COM- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung memanggil dua panwaslu yang daerahnya mendapat gugatan pilkada di Mahkamah Konstitusi. Kedua panwaslu yakni, Bandarlampung dan Pesisir Barat. Keduanya diminta mempersiapkan untuk memberi keterangan terhadap sidang perselisihan hasil pemilihinan (PHP) yang rencananya besok akan digelar sidang pendahuluan.

Ketua Bawaslu Lampung, Fatikhatul Khoriyah, mengatakan, keterangan panwas di MK akan menjadi pertimbangan yang konstruktif.

“Kita harus menyiapkan diri apabila nantinya dimeinta keterangan oleh MK. Karena, besok kita belum tahu hasilnya dismi atau tidak,” kata dia usai memimpin rakoor di Kantor Bawaslu Lampung, Rabu (6/1).

Perempuan yang akrab disapa Khoir ini, menjelaskan ada empat point penting yang akan menjadi bekal untuk memberikan keterangan. Pertama, keterangan aspek pengawasan secara komprehensif dari seluruh tahapan, kedua, aspek tindak lanjut.

“Masing-masing panwas nantinya akan menguraikan tentang laporan yang diterima didalam persidangan,” ujarnya.

Point yang ketiga, keterangan terhadap pokok permohonan, ke empat mengurai jumlah pelanggaran mulai dari administrasi, pidana, dan kode etik.

“Yang akan berangkat hanya dua panwas ini, keduanya nanti akan menjelaskan secara detil kepada hakim karena dua daerah ini yang mendapat gugatan,” tandasnya. (win)

 

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *