56 views

KPU Balam Tunggu SOP

HARIANFOKUS.COM-Jawaban dan alat bukti atas gugatan Tobroni Harun – Komarunizar telah diterima KPU RI yang menjadi penghubung penyampaian dokumen ke Mahkamah Konstitusi. Dokumen tersebut diterima pada pukul 10.05 WIB, Minggu (10/01). Penyampaian dokumen dilakukan langsung oleh kuasa hukum beserta staf subbag hukum KPU Kota Bandarlampung.

Kuasa Hukum KPU Bandarlampung, Frans Handrajadi mengatakan, alur penyerahan jawaban dan alat bukti telah ditetapkan prosedurnya oleh KPU RI. Sehingga pihaknya tinggal menunggu  standar operasional prosedur (SOP) –nya saja.

“MK tidak menerima dokumen langsung dari pihak termohon namun dikoordinir satu pintu melalui tim penghubung KPU RI,” terang Frans, Minggu (10/1).

Staf hukum KPU Kota Bandarlampung, Badaruddin Amir, mengatakan proses penyiapan jawaban dan alat bukti guna menjawab gugatan di MK ini cukup panjang. Setelah mendapat salinan materi gugatan pemohon, kuasa hukum dan komisioner KPU Bandarlampung, membuat draf jawaban yang kemudian dikonsultasikan kepada konsultan hukum KPU RI.

“Draft jawaban yang telah dikonsultasikan lalu diperbaiki. Nah tugas kami adalah menyiapkan alat bukti pendukungnya. Semua dokumen dileges terlebih dahulu lalu digandakan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Bandarlampung, Fauzi Heri, mengatakan, guna kepentingan persidangan di MK dokumen yang telah dileges dan bermaterai digandakan sebanyak 4 rangkap. Setiap dokumen ditempeli stiker post-it untuk memudahkan penelitian berkas di MK. “Jawaban serta keterangan tertulis Ketua KPU Kota Bandarlampung digandakan 13 rangkap, sedangkan alat bukti dibuat 4 rangkap. Kesemuanya telah diselesaikan, dan telah diserahkan kepada KPU RI,” katanya.

Gugatan atas Pilkada di Kota Bandar Lampung digelar di panel tiga, yang dipimpin oleh Hakim Konstitusi Patrialis Akbar dan didampingi oleh Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams dan Suhartoyo. (*/win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *