48 views

PDAM Tuba Buat Sumur Bor Senilai Rp 16, 5 Miliar

HARIANFOKUS.COM- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Tulangbawang (Tuba) mengaku ketersedian air bersih di Tuba masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, PDAM Tuba akan membuat program percepatan untuk penyediaan air bersih di daerah perbatasan yang membutuhkan bantuan. Salah satunya akan membuat sumur bor.

Direktur PDAM Tuba, Kirnali yang ditemui diruang kerjanya mengatakan, terkait pembangunan sumur bor tersebut rencananya akan dibangun melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), sebesar Rp.16,5 Milyar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Pusat, dan akan disiapkan untuk membuat lima titik sumur bor, berikut jaringanya.

“Jadi langkah kita mengusulkan pengeboran lima titik sumur bor itu, mudah–mudahan bisa tercapai dalam waktu dekat sambil menunggu proses lelang bagi perusahaan yang akan mengerjakanya. Pasalnya, untuk teknis kami dari pihak PDAM menyerahkan sepenuhnya ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuba,” ujarnya, Kamis (3/3).

Pria yang akrab disapa Daeng Kirnali ini menjelaskan, untuk realisasi rencananya akan dibagi menjadi lima titik prioritas.Yakni, Kec. Rawa Jitu Timur sebesar Rp.4,3 M, Kec. Rawa Jitu Selatan Rp.4,2 M, dan Kec. Gedung Meneng, Kampung Gunung Tapa sebesar Rp.3,3 M, serta Kec. Penawar Tama Kampung Bogatama sebesar Rp.3,3 M dan juga Kecamatan Rawa Pitu sebesar Rp.2,7 M.

“Langkah ini dilakukan sebagai alternatif guna memenuhi kebutuhan masyarakat terkait air bersih, maka pada 2016 ini saya berharap warga di lima kecamatan tersebut tak lagi kekurangan air bersih,” harapnya.

Menurut dia, pembuatan sumur bor yang sudah ada, dan yang dibuat pemerintah Tuba, tahun 2015 lalu dinilai sudah cukup memuaskan. Dan bahkan sumur bor sudah ada dibangun didaerah pesisir pantai, meskipun tanahnya gambut dan airnya pawai.

“Tapi itu masih kurang makanya kita akan tambah dibeberapa titik itu,” tegasnya.

Dia berharap dengan adanya penambahan sumur bor tersebut, dapat membantu kekurangan air bersi di Tuba.

“Semoga nantinya di Tuba ini tidak ada lagi yang namanya krisis air bersih,” tandasnya. (Saidi).

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *