10 views

KPUD Tuba Gelar Bimtek dengan PPSP

HARIANFOKUS.com-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tulang Bawang menggelar bimbingan teknis (Bimtek), kepada Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPSP) Kecamatan Menggala, yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Menggala, Aenin (5/9).

Komisioner KPUD Tuba, Feriyanto dalam sambutannya menerangkan, pemutahiran daftar pemilih merupakan salah satu tahapan dalam pilkada yang berkualitas.

“Oleh karena itu, kita sebagai penyelenggara pemilu harus berkomitmen kuat untuk melakukan pemutahiran dan menyusun daftar pemilih yang lebih baik agar terciptanya, daftar pemilih yang komprehensif, akurat, dan terkini,” jelas Feri.

Menurut dia, daftar pemilih yang berkualitas akan mendorong kualitas proses dan hasil pemilu lebih baik. Sebaliknya daftar pemilih yang memiliki banyak permasalahan akan menyebabkan proses dan hasil pemilu yang dipertanyakan legitimasinya.

“Untuk itu, PPDP memiliki peran yang sangat penting dalam penyusunan daftar pemilih, karenan peran PPDP baik atau buruknya DPT Pilkada, yang akan dilaksanakan secara serentak, sangat bergantung dengan kinerja PPDP di lapangan,”ungkap Feri.

Namun sebaliknya, lanjut Feriyanto, jika PPDP melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih tidak bekerja secara sungguh-sungguh, tidak mengikuti peraturan yang telah ditetapkan, maka kualitas DPT yang akan dihasilkan bermasalah.

“Dampaknya, DPT yang bermasalah, hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, akan dipertanyakan legitimasinya,”terang Feri.

Ditambahkan Feriyanto, PPDP dalam melakukan penelitian daftar pemilih, dapat bekerja sama dengan beberapa pihak diantaranya, PPS, RT, dan RW.

“Karena, mereka merupakan mitra di lapangan, yang dijadikan referensi dalam memberikan informasi mengenai warganya, untuk itu, PPDP, harus memiliki hubungan yang baik dengan pengurus RT dan RW,”harap Feriyanto. (saidi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *