63 views

Gubernur Hadiri Panen Raya Padi di Rawa Jitu Selatan

HARIANFOKUS.com- Panen Raya Padi Hibrida yang digelar di Kecamatan Rawa Jitu Selatan, Kab Tulangbawang pada Selasa (6/9) dihadiri oleh Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo. Dalam panen raya padi seluas 500 Ha tersebut, juga dirangkai dengan penyerahan bantuan sejumlah alat mesin pertanian (alsintan) yang digulirkan untuk petani di beberapa kecamatan di Tulangbawang.

Selain Gubernur Lampung, hadir pada kesempatan itu Bupati Tulangbawang Ir. Hanan A Rozak, MS, beserta para pejabat Pemkab Tulangbawang.

Panen raya padi hibrida ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Tulangbawang. Kegiatan ini adalah hasil dari Gerakan Tanam Padi Hibrida Seluas 500 Ha di Kecamatan Rawa Jitu Selatan dengan lokasi di Kampung Hargo Rejo, yang digulirkan oleh Pemerintah Daerah melalui program Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Tulangbawang.

“Kegiatan ini baru pertama kalinya di Tulangbawang dan kegiatan ini seluruhnya dilaksanakan di Kecamatan Rawa Jitu Selatan yaitu seluas 500 Ha yang berlokasi di Kampung Hargo Rejo,” terang Hanan A Rozak.

Kabupaten Tulangbawang lanjut bupati, merupakan salah satu lumbung padi di Provinsi Lampung. Dalam rangka swasembada pangan daerah dan nasional, Pemkab Tulangbawang pun terus berupaya mendukung dan mendorong petani sebagai ujung tombak dalam mencapai swasembada padi dan palawija.

“Dengan potensi lahan sawah di Kabupaten Tulangbawang seluas 38.781 ha. Pada tahun 2016 kami targetkan terjadi peningkatan produksi padi di Kabupaten Tulangbawang dengan target 354.562 ton gabah kering giling untuk mendukung target 1 juta ton gabah kering giling untuk Provinsi Lampung,” ungkapnya.

Sementara untuk mendukung hal tersebut, menurut bupati, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang saat ini juga cukup gencar dalam menggulirkan berbagai program bantuan untuk petani, termasuk dengan selalu berkoordinasi dalam mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Pusat.

Sejumlah bantuan yang digulirkan diantaranya Gerakan Tanam Padi Hibrida Seluas 500 Ha di Kecamatan Rawa Jitu Selatan, pengembangan Embung Pertanian, bantuan Traktor Roda 2 sebanyak 21 Unit, bantuan Pompa Air 22 Unit, bantuan Handsprayer 263 Unit, bantuan Rice Transplanter/Alat Tanam Padi 47 Unit, bantuan Combine Harvester ukuran sedang 13 unit, serta bantuan Combine Harvester ukuran besar sebanyak 4 unit. Selain untuk petani di wilayah Rawa Jitu Selatan, bantuan tersebut juga didistribusikan untuk kecamatan-kecamatan lainnya di Kabupaten Tulang Bawang yang memiliki potensi lahan pertanian.

“Dalam upaya pencapaian peningkatan target produksi padi, saya berterima kasih kepada Bapak Gubernur Lampung, Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, jajaran TNI AD, khususnya Kodim 0426 Tulang Bawang dan pihak terkait yang telah mendukung, serta bekerjasama dalam pengawalan dan pembinaan petani di Tulang Bawang, sehingga para petani memiliki semangat dan percaya diri dalam melakukan budi daya padi,” ujar bupati.

Sementara, Gubernur Lampung Ridho Ficardo mengapreseasi kegiatan panen raya padi hibrida di Kecamatan Rawa Jitu Selatan, Kabupaten Tulangbawang. Gubernur pun berharap produktivitas panen padi dan kesejahteraan petani dapat terus meningkat, sehingga dapat semakin memantapkan swasembada pangan Propinsi Lampung dan mendukung swasembada pangan nasional.

Selain menghadiri kegiatan panen raya padi hibrida di Kampung Hargo Rejo Kecamatan Rawa Jitu Selatan, pada kesempatan itu Gubernur juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Coldstorage berkapasitas 50 ton di Kampung Gedung Karya jitu, Kecamatan Rawa Jitu Selatan. (saidi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *