31 views

Frans Agung MP Ajak Mahasiswa Implementasikan Nilai 4 Pilar Kebangsaan

HARIANFOKUS.com – Anggota Komisi IX DPR RI Frans Agung Mula Putra memberikan kuliah umum pada Dies Natalis ke 30 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univesitas Lampung, Bandar Lampung, Sabtu (15/10).

Kuliah umum yang digelar halaman gedung FISIP Unila itu hadiri ratusan mahasiswa, dosen, karyawan dan Alumni dengan mengangkat tema wawasan kebangsaan.

Dalam kuliah umum itu, Frans Agung Mula Putra mengajak para mahasiswa untuk terus mengimplementasikan nilai nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan.

Sebab, kata Anggota DPR RI asal Dapil Lampung I itu, bangsa indonesia itu dihuni banyak suku bangsa yang berbeda beda, khususnya di Provinsi Lampung.

“Indonesia ini punya banyak suku, banyak pulau banyak adat istiadat. Sehingga kita dituntut untuk terus mengamalkan dan melestarikan agar tidak punah,” katanya.

Apalagi, lanjutnya diera digital seperti sekarang ini, mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa harus mampu melakukan seleksi secara ketat agar tidak terpengaruh budaya barat.

“Sebagai generasi muda, dituntut harus mampu membentengi diri. Apalagi media sosial (facebook, instragram) sudah sangat mudah sekali diakses. Kalau kita tidak mampu memilah dengan hal yang positif. Maka akan mudah terpengaruh budaya barat,” ujarnya.

Frans juga mengingatkan bahwa perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan telah mengorbankan harta, nyawa dan darah. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban generasi muda untuk mempertahankan dan meneruskan.

“Saya berharap dalam mengamalkan wawasan kebangsaan harus disertai integritas, idealis dan mempunyai komitmen yang kuat. Sehingga kita tidak mudah terjajah lagi,” ungkapnya.

Karena, keberadaan Indonesia ini sangat bersinggungan dengan negara tetangga. Selain Indonesia mempunyai pulau yang banyak. Indonesia juga mempunyai sumberdaya yang berlimpah.

“Yang bisa mempertahankan tanah kita adalah kita sendiri. Apalagi negara negara tetangga mengincar pulau pulau karena mempunyai sumberdaya yang berlimpah,” tukasnya.

Bahkan, lanjut Frans, kedepan para lulusan FISIP Unila bisa menjadi pemimpin, baik itu tingkat kabupaten, provinsi bahkan tingkat nasional. Sebab, kata dia, kemampuan para mahasiswa FISIP Unila tidak kalah dengan lulusan perguruan tinggi yang lain.

“Saya berharap kedepan, para lulusan FISIP Unila bisa menjadi bupati, gubernur, bahkan menjadi presiden,” tandasnya.

Usai memberikan kuliah umum, Frans Agung Mula Putra, yang juga alumni FISIP Unila itu berkesempatan akan membiayai empat mahasiswa FISIP Unila untuk ikut Lemhanas.
Sementara, Dekan FISIP Unila, Budi Hadiawan memberikan apresiasi atas kehadiran Frans Agung Mula Putra dalam acara dies natalis ke 30 FISIP Unila.

Menurut Budi, kehadiran Frans Agung dengan memberikan kuliah umum bagi mahasiswa baru sangatlah penting. Karena saat ini, kata dia, wawasan kebangsaan di kalangan anak muda mulai terkikis.(*)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *