23 views

Pemkab Tuba Gelar Bimtek Tindak Pidana Korupsi

HARIANFOKUS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) tindak pidana korupsi, kepada para aparatur kampung di kabupaten setempat.

Kegiatan ini merupakan Bimtek Angkatan I dan II tentang tindak pidana korupsi, tempat pelaksanaannya dilangsungkan di aula salah satu hotel, wilayah Unit II, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tuba, Selasa (6/12).

Hadir pada kesemptan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuba, Sobri. Kapolres Tuba, AKBP Agus Wibowo. Unsur Kejaksaan Negeri Menggala, Ombusman, dan narasumber diantaranya dari Universitas Lampung (Unila), yaitu Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Ambiya.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan Bimtek tersebut, Sekda Tuba, Sobri, berharap agar kegiatan Bimtek tindak pidana korupsi, kepada para aparatur kampung di Kabupaten Sai Bumi Nengah Nyappur, dapat semakin lebih memperkuat komitmen, tekad dan aksi nyata untuk terus mencegah dan memberantas korupsi di Indonesia khususnya di Kabupaten Tuba.

“Saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh elemen masyarakat khususnya di Kabupaten Tuba, atas peran serta dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi,” ujar Sobri.

Ditambahkan Sobri, dalam mendukung reformasi birokrasi, titik berat untuk menciptakan pemerintahan yang baik, diantaranya adalah adanya upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dan pemberantasan korupsi secara terarah, sistematis, dan terpadu.

“Karena reformasi birokrasi pun akan mustahil terwujud, jika tata pemerintahan masih memberikan peluang terhadap praktik-praktik Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN),” jelas Sobri.

Sementara, lanjut Sobri, dengan telah berlakunya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa, maka dengan hak-hak istimewa desa atau kampung itu, yang menyangkut dalam pengelolaan keuangan dan alokasi dana kampung, hingga ke proses pembangunannya, sangat diperlukan sosialisasi bagi aparatur kampung, agar kiranya dapat memahami bagaimana melakukan pencegahan terhadap tindak pidana korupsi.

“Untuk itulah perlu adanya pembelajaran dan pengetahuan yang baik mengenai administrasi penyelenggaraan pemerintahan terutama masalah pengelolaan keuangan agar dapat terhindar, bebas dari KKN. Saya harapkan Bimtek ini, hendaknya dapat lebih meningkatkan pemahaman kita semua, tentang pencegahan tindak pidana korupsi yang harus dapat kita tindaklanjuti dalam praktek nyata,” ulas Sobri.

Untuk itu, Sobri pun berharap, agar aparatur Kampung dapat mengajak masyarakat agar mampu bekerja sama mengawal keuangan pembangunan di Kabupaten Tuba, sehingga situasi kondusib dapat terus terjaga.

“Saya mengajak kepada semua pihak dan segenap lapisan masyarakat, untuk berpartisipasi aktif dalam memberantas korupsi, serta mulailah semua itu dengan diawali dan ditanamkan pada diri kita sendiri untuk menjauhkan diri dari tindakan korupsi, ataupun hal-hal yang dapat menyuburkan praktek-praktek korupsi,” pesannya. (saidi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *