96 views

Ruas Jalan Talang Buah di Tuba Memprihatinkan

HARIANFOKUS.com– Ruas jalan Talang Buah yang berada di Kampung Aji Permai Talang Buah, Kecamatan Gedung Aji, Kabupaten Tulangbawang, kondisinya saat ini kian mengalami kerusakan parah dan sangat memprihatinkan. Jalan tersebut merupakan akses utama untuk menghubungkan 4 kecamatan, yakni Gedung Aji, Meraksa aji, Penawar Aji, dan Rawa Pitu, untuk menuju kearah Unit II, Kecamatan Banjar Agung, yang mana pusat perekonomian kabupaten dan arah jalan menuju ibu kota Kabupaten Tuba, yaitu Kecamatan Menggala.

Anggota DPRD Tulangbawang Fraksi PKS Teguh Jayadi, bahwa jalan Talang Buah sebelumnya sudah mendapatkan pembangunan dari pemerintah setempat yaitu peningkatan hotmix pada tahun anggaran 2016, dengan nilainya kurang lebih Rp 4 Milyar, dan pekerjaan selesai sekitar bulan Desember 2016, namun saat ini kondisinya rusak parah bahkan tidak bisa dilalui kendaraan terutama mini bus.

Dilanjutkannya, para pengendara yang melewati jalan tersebut semua mengeluhkan kondisi ruas jalan ini, karena akses jalan sangat sulit untuk dilewati baik kendaraan roda empat maupun roda dua.

“Kondisinya saat ini sudah seperti kubangan kerbau, jangankan mobil, motor pun sulit untuk melintasi ruas Jalan Talang Buah. Sebab jalan ini sudah tak layak dilewati,” jelas Teguh Jayadi, Selasa (21/2).

“Kami hanya bisa berharap pemerintah cepat tanggap dengan kondisi jalan ini, untuk antisipasi darurat bisa ditimbun menggunakan sabes, bukan ditimbun tanah, karena jika musim hujan jadinya malah jadi lumpur,” keluhnya, karena beberapa waktu lalu Pemerintah melalui Dinas PU Tuba melakukan perbaikan dengan menimbun tanah merah di Jalan Talang Buah tersebut.

Sementara itu, terpantau kondisi terparah di ruas Jalan Talang Buah berada tepat sebelum jembatan Talang Buah arah dari Unit II, beberapa kendaraan mobil banyak yang terjebak dalam kubangan lumpur, sedangkan pengendara motor juga banyak berjatuhan akibat tergelincir dan kendaraanya terendam lumpur.

Dalam kondisi ini beberapa warga sekitar terlihat menawarkan jasa tenaga untuk membantu kendaraan yang terjebak agar mampu bergerak melewati jalan tersebut, namun tidak dengan mematok harga, hanya sesukarela para pengendara, terutama kepada truk yang melintas. (saidi).

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *