14 views

Dewan Sebut Proyek Jalan Talang Buah Asal Jadi

HARIANFOKUS.com – DPRD Tulangbawang dalam hal ini Komisi III merespon serius terkait pemberitaan ruas jalan Talang Buah dengan memanggil Dinas PU setempat. Proyek ruas jalan Talang Buah diduga kuat banyaknya penyimpangan mulai dari perencanaanya hingga hingga pengerjaan sehingga proyek tersebut asal jadi.

Menurut anggota DPRD Tuba asal Fraksi PDIP, Rohady memastikan bahwa proyek tersebut memiliki kualitas rendah hal ini lantaran konsultan perencana dan pengawasnya tidak berfungsi.

“Kita meminta Dinas PU harus menjelaskan teknis pengerjaan kegiatan pemeliharaan (retensi) ini apakah sudah sesuai dengan spek yang ditetapkan dan apakah sudah mendapat pengawasan. Karena Ia melihat selama ini tidak ada kejelasan terkait pemeliharaan jalan,” ujar Rohady, Jum’at (3/3).

Mempertanggungjawabkan desain dan perhitungan struktur jika terjadi kegagalan konstruksi. kemudian proses pelaksanaanya diserahkan kepada konsultan Perencana dan pengawas. Konsultan perencana dan pengawas ini sendiri adalah orang/instansi yang menjadi wakil pemilik proyek di lapangan.

“Kita akan awasi penggunaan dana pemeliharaan (retensi) tahun ini dengan seketatnya agar meminimalisir terjadinya penyalahgunaan uang rakyat. Dana pemeliharaan (retensi) yang bertujuan agar ada dana cadangan sebagai persiapan ketika ada kerusakan jalan yang menganggu kepentingan masyarakat banyak diharapkan berjalan sesuai dengan aturan dan prosedur penganggaran yang ditetapkan pemerintah,” ungkap dia.

Sementara Dinas PU pada saat hearing melalui Sekretaris, Hariyanto didampingi Kabid Bina Marga Rojali menjelaskan bahwa pekerjaan tersebut masih dalam tanggungan pihak rekanan dan masih dalam masa pemeliharaan.

“Kami telah memerintahkan rekanan untuk melaksanakan perbaikan mengingat pekerjaan tersebut masih dalam pemeliharaan,” jelas Rojali.

Lanjut Rojali pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak rekanan untuk segera melakukan perbaikan secepatnya sambil menunggu cuaca panas.

“Rekanan akan melaksanakan perbaikan tapi menunggu cuaca panas kira-kira dalam waktu 2-4 hari bisa dilaksanakan,” tegasnya. (saidi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *