595 views

Penipuan Berkedok Pemenang Hadiah Produk Beredar di Tuba

HARIANFOKUS.com – Warga masyarakat yang berada di Kabupaten Tulangbawang dihimbau untuk berhati-hati dan tidak lekas percaya begitu saja, apabila menemukan selebaran bertuliskan sebagai pemenang yang meraih hadiah diantaranya berupa mobil atau lain-lain dari produk tertentu. Karena hal itu bisa jadi adalah strategi penipuan yang sedang dijalankan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Pasalnya penipuan semacam itu, saat ini juga sudah ditemukan bahkan beredar hingga kampung-kampung di Tulangbawang. Modusnya, diantaranya dengan menyelipkan selebaran dalam kemasan produk tertentu atau bahkan ada juga oknum yang dengan sengaja datang dan berkeliling ke kampung-kampung, untuk menaruh selebaran di halaman rumah warga. Tujuannya agar ditemukan oleh masyarakat, serta yang awam atau kurang informasi bisa saja akan mudah terjebak oleh aksi penipuan ini.

Selebaran yang diduga modus penipuan tersebut, seperti yang belum lama ini ditemukan di Kampung Pancakarsa Purnajaya, Kecamatan Banjar Baru. Ada seorang ibu rumah tangga setempat, saat sore hari sedang menyapu halaman rumahnya menemukan sebuah plastik kecil yang didalamnya berisi selebaran bertuliskan surat pemberitahuan pemenang sebuah produk mie ternama.

“Saya menemukan selebaran ini, saat sedang menyapu halaman rumah saya. Tapi saya tidak percaya, ini pasti penipuan,” kata Ibu itu yang enggan menyebutkan namanya, Rabu sore (17/5/2017).

Dalam selebaran kertas kecil berukuran sekitar 21×10 cm yang ditemukan itu, berisi Surat Pemberitahuan Pemenang No. 1309/VX/SI/2017 yang mencatut nama PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, dengan menyatakan siapa saja yang menemukan kupon hadiah langsung ini dalam kemasan Pop Mie, berarti sah/resmi mendapatkan hadiah langsung tanpa diundi, berupa 1 (satu) unit mobil Nissan Juke.

Dikatakan dalam selebaran itu, hadiah akan diantar langsung ke alamat, namun setelah pemenang diwajibkan menyelesaikan administrasi BBN (Biaya Balik Nama STNK/BPKB) yang ditanggung pemenang sebesar Rp. 3.700.000,-, yang pembayarannya diselesaikan melalui Bank atau Kantor Pos. Inilah yang sepertinya diharapkan si penipu, berharap siapapun masyarakat yang menemukan selebarannya akan percaya dan mentranfer sejumlah uang kepada mereka.

“Untuk no rekening, silahkan hubungi Call Center, tlp yang sudah tercantum, tks,” tulis oknum yang diduga menipu, yang juga mencantumkan Contact Center pada selebarannya, dengan Telp 0852-1999-9878, serta dapat dihubungi hari Senin s/d Jum’at pukul 07.30 -15.00 Wib.

Disinyalir untuk menyakinkan calon korban agar percaya modus ini bukan penipuan, pada selebaran tersebut juga turut dibubuhkan tanda tangan dan stempel Direktur Utama PT. Indofood, Dirjen Pajak, dan disahkan oleh notaris tertanggal 4 Januari 2017 sebagai penanggung jawab, yang diduga semua ini juga hanya akal-akalan oknum penipu. Bahkan tak tanggung-tanggung, di satu sisi selebaran itu juga seolah dikuatkan dengan mencatut nama satuan kepolisian, yakni Polda Metro Jaya, yang dinyatakan akan mengurus surat kendaraan STNK dan BPKB, dengan mencantumkan tanda tangan dan stempel dari Dirlantas Polda Metro Jaya, yang diduga juga dipalsukan.
Penemuan selebaran yang diduga penipuan tersebut hingga kampung-kampung di Tulang Bawang, tentu saja menimbulkan keresahan masyarakat setempat.

Mereka khawatir ada diantara keluarga, sanak famili atau tetangganya yang awam atau kurang mengerti, dapat menjadi korbannya. Sehingga mereka berharap agar aparat kepolisian setempat, yakni Polres Tulang Bawang dapat menindak tegas oknum-oknum yang berupaya untuk menipu masyarakat tersebut.
“Sudah pernah ada yang tertipu jutaan rupiah dari penipuan kayak begini, mas. Ada juga penipuan kayak yang minta pulsa itu. Karenanya kami berharap, hal ini dapat ditindak tegas oleh kepolisian,” harap sang ibu yang menemukan selebaran itu, sebagaimana harapan masyarakat yang resah dengan modus penipuan semacam ini, yang masih saja kerap terjadi. (saidi)

Bagikan berita ini:

4 tanggapan untuk “Penipuan Berkedok Pemenang Hadiah Produk Beredar di Tuba

  • 13 Desember 2018 pada 13:33
    Permalink

    PAk..saya dpt undian di dlm biskuit roma dan dah mentransfer 20juta kerekeningnya…sedangkan nonya skrg sdh gk aktif lg…dan no yg duanya di tlp gak diangkat2

    Balas
  • 2 Januari 2019 pada 07:45
    Permalink

    Terimakasih infonya..
    Hampir saja sy jg kena tipu dgn modus spt ini…, di hal rmh menemukan secarik kertas dlm plastik (mirip spt info di artikel ini)…tp dr produk “biskuit Roma”..
    Hehehe…hampir sj sy dpt mobil gratis….tis…

    Balas
    • 2 Januari 2019 pada 08:05
      Permalink

      Terimakasih infonya..
      Hampir saja sy jg kena tipu dgn modus spt ini…, di hal rmh menemukan secarik kertas dlm plastik (mirip spt info di artikel ini)…tp dr produk “biskuit Roma”..
      Hehehe…hampir sj sy dpt mobil gratis….tis…

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *