28 views

Pemkab Lamteng Gulirkan Program Seribu Tong Sampah

HARIANFOKUS.com – Upaya menciptakan budaya bersih dan membuang sampah pada tempatnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah menggulirkan program gerakan seribu tong sampah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Tengah Genta Surimuda menerangkan, gerakan 1000 tong sampah KECE ini bertujuan menyiasati agar masyarakat membiasakan untuk membuang sampah pada tempatnya.

Program yang diluncurkan di rumah dinas Wakil Bupati Lamteng Loekman Djojosoemarto, Jumat (12/5), menurut dia, pada tahap awal akan diletakkan di sepanjang pusat Kota Bandarjaya yang merupakan titik keramaian di Kabupaten Lampung Tengah. “Ke depan gerakan ini akan diteruskan hingga ke seluruh pelosok di Lampung Tengah, lembaga pendidikan dan kantor – kantor yang ada,” jelasnya.

Wakil Bupati Lamteng Loekman mengatakan, gerakan 1000 tong sampah ini bekerjasama dengan sejumlah perusahaan yang ada di Lampung Tengah. Dari kunjungan beberapa perusahaan yang dilakukan salah satunya membuat tong sampah yang dibantu perusahaan seperti PT Santori, GMP, Umas Jaya dan Sugar Group Company.

“Ini nantinya akan kita sebarkan di wilayah kecamatan, namun fokusnya di Gunungsugih dan Bandarjaya. Nanti diatasnya kita beri pot bunga. Untuk pemilik toko di Bandarjaya, kita minta pasang pot bunga, sedangkan tong sudah ada,” beber Loekman.

Sementara itu, Bupati Lampung Tengah Mustafa menerangkan dinamakan gerakan 1000 tong sampah KECE karena program KECE merupakan salah satu program unggulan Kabupaten Lampung Tengah. KECE adalah akronim dari Kampung Entrpeneur Creative yang digulirkan untuk melahirkan pengusaha-pengusaha muda di setiap kampung.

“Dengan digulirkannya gerakan ini, saya apresiasi sekali. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan suport hingga akhirnya gerakan 1000 tong sampah KECE dapat dilauncing. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dan bagi kemajuan Lampung Tengah,” tandasnya. (ist)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *