12 views

Yustin Ajarkan Pengarsipan Kepada Pelajar

HARIANFOKUS.com – “Kegiatan hari ini merupakan salah satu upaya menumbuhkan kesadaran sejak dini mengenai pentingnya sistem pencatatan dan pengarsipan,” Ucap Aprilani Yustin Ficardo saat menghadiri acara sosialisasi student file yang dilaksanakan di SMAN 2 Bandarlampung, Selasa (05/09/2017) pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, Herlina Prawiranegara dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Sulpakar, para kepala sekolah, serta 700an siswa-siswi perwakilan beberapa SMA regional II.

Yustin Ficardo mengajak siswa-siswi seluruh SMA regional II yang hadir untuk memahami pentingnya akan pengarsipan. Kegiatan sosialisasi yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Lampung tersebut memiliki tujuan untuk mengenalkan dan mengajak anak-anak sejak dalam memahami pentingnya pengarsipan.

“Dengan pengarsipan yang baik maka arsip-arsip berharga yang berfungsi sebagai sumber informasi, dokumentasi dan bahan bukti dapat dengan mudah ditemukan ketika dibutuhkan. Pengarsipan yang baik dapat menghindari dari kemungkinan-kemungkinan terburuk, seperti hilangnya arsip-arsip penting.” papar Yustin.

Adapun arsip-arsip yang dimaksud dan penting untuk para pelajar adalah berupa akta lahir, ijazah, KTP, Raport, Kartu pelajar, dan lain sebagainya.

Yustin Ficardo mengatakan ada banyak kejadian pada orang tua zaman dulu yang tidak mementingkan akte lahir anaknya. Padahal akte lahir tersebut sangat penting, karena merupakan pengakuan hukum dari negara terhadap identitas diri, silsilah dan kewarganegaraan seseorang.

Melalui kegiatan Student File ini,  Ketua TP PKK Provinsi Lampung ini berharap agar para pelajar dapat mengikuti sosialisasi ini dengan baik, sehingga informasi dan pengetahuan yang disampaikan narasumber dapat diterapkan dan diaplikasian di kehidupan sehari-hari.

Yustin Ficardo juga menyampaikan salam hangat dari Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo kepada seluruh siswa-siswi peserta sosialisasi yang hadir untuk tetap giat belajar.

“Pak Gubernur menyampaikan salam hangat untuk anak-anakku sekalian, pesan beliau agar kalian semua giat belajar, teruslah berprestasi dan berkreasi, serta jangan lupa rajin ibadah agar dapat menjadi penerus bangsa dari Provinsi lampung yang cerdas, berkarakter, dan dibanggakan.” pungkas Yustin.

Dalam acara ini, Yustin Ficardo memberikan dua pertanyaan dengan dua buah sepeda sebagai hadiah bagi siswa yang dapat menjawab dengan benar.

Putri Aprisia salah satu siswi yang mendapatkan hadiah sepeda mengatakan, acara seperti ini mengajarkan siswa untuk menjaga dan menyimpan surat-surat berharga. Supaya saat diperlukan tidak bingung mencarinya. Seperti Raport, ijazah, atau piagam-piagam.

“Semoga seluruh jalan-jalan provinsi di Lampung bisa semakin bagus tahap demi tahap dan Provinsi Lampung semakin maju,” Ujar Putri saat ditanya harapannya terhadap Provinsi Lampung.

Sedangkan Kepala Sekolah SMAN 2 Jumani Darjo menyatakan, “Sekolah Menengah Atas kedepannya bisa lebih bagus lagi. Karena rentang kendali birokrasi semakin pendek. Pemantauan dan pengawasan pasti lebih mudah.”

“Harap kami kedepan, Provinsi Lampung khususnya sektor pendidikan harus berani tampil. Sejajarkan diri dengan sekolah-sekolah terbaik di tingkat nasional.” Pungkasnya.(ist)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *