50 views

Lamtim Akan Gelar Pilkades Serentak

HARIANFOKUS.com – Sebanyak 112 desa/pekon di Lampung Timur akan habis akhir masa jabatannya di akhir bulan tahun ini. Maka Pemkab Lampung Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa selaku pendamping desa akan melakukan pilkades secara serentak pada bulan Desember mendatang.

Saat ditemui dikantornya Syarul Syah. S pd selaku Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, terkait pilkades, beliau membenarkan sekaligus menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan persiapan untuk menggelar pilkades serentak.

“Kami suda memberi surat melalui camat dan BPD agar diteruskan kepada kades yang masa jabatan akan habis agar membuat laporan pertanggung jawaban pemerintah desa (LPPD) dan melakukan sosialisasi Perbup di 5 kecamatan. Yakni Way Jepara, Sekampung Udik, Gunung Pelindung, Batang Hari, Purbalinggo,” ungkapnya, Kamis (12/10).

Selain itu, pihaknya selaku pendamping desa telah membuat jadwal tahapan pilkades serentak. Mulai dari sosialisasi Perbup, pembentukan panitia pemilihan di desa oleh BPD, Camat untuk diteruskan kepada Bupati, pengumuman dan pendaftaran balon tahap l, seleksi administrasi, pendaftaran tahap ll dan seleksi administrasi. Setelaha itu akan dilakukan tes tertulis dan pengumuman oleh panitia pemilihan kabupaten, penetapan calon, deklarasi calon, kampanye, hari tenang, pemilihan perhitungan pengumuman.

Tahapan terakhir yakni masa pengaduan dan penyelesaian dilaporkan ke BPD, BPD melaporkan hasil pilkades ke kades dan camat, penetapan calon kades terpilih, penetapan calon kades terpilih oleh bupati, pelantikan calon kades terpilih oleh bupati.

“Iulah tahapan yang akan kita lalui, lanjutnya untuk saat ini kita baru sampai ditahapan pengumuman dan pendaftaran,” ujarnya.

Mengenai dana bantuan ke desa untuk pilkades di anggaran di APBD murni Lampung Timur 2016. Besarnya disesuaikan dengan dapat masing-masing desa.

Misalnya kurang dari 2500 DPT atau sama dengan 2500 DPT mendapatkan bantuan 10 juta dan yang lebih dari 2500 dan sama dengan 3000 DPT mendapatkan bantuan 15 juta dan seterusnya.

“Kita berharap pilkades kedepan dapat berjalan dengan lancar dan demokrasi, bagi masyarakat dan siapa pun yang menang dalam pilkades dapat kita terima, dan bagi mereka yang terpilih menjadi kades dapat mengembangkan amanah untuk kemajuan desa khususnya, dan untuk Lampung Timur umumnya,” urainha. (kau)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *