31 views

PSI Lampung Apresiasi Mekanisme Sipol di KPU

HARIANFOKUS.com РMekanisme dan standar operasional prosedur Helpdesk Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) oleh KPU untuk penginputan data partai politik dalam verifikasi faktual cukup diapresiasi oleh Partai Solidaritasi Indonesia (PSI) Lampung.

Dituturkan ketua DPW PSI Lampung Beni Aripin, penggunaan SIPOL sangat membantu PSI membuat database keanggotaan hingga tingkat kelurahan/desa.

“SIPOL merupakan sistem yang efektif dan membantu parpol dalam membuat data keanggotaan dan kepengurusan. Dan sistem tersebut adalah terobosan yang bagus untuk perkembangan teknologi saat ini,” ujar Beni, Minggu (15/10) petang.

Terkait dengan kendala SIPOL itu sendiri? Menurut Beni, tidak banyak kendala hanya saja waktu input data terlalu mepet.

“Akurasi sistematika pendaftaran dan registrasi keanggotaan menjadi jelas dan sangat menguntungkan bagi partai itu sendiri khusunya kami di tingkatan DPW PSI Lampung,” ungkapnya.

PSI Lampung sudah merampungkan syarat lolos administari kelengkapan berkas pada verifikasi partai politik untuk syarat dapat mengikuti Pemilu 2019 mendatang. Setelah itu, langkah selanjutnya KPU akan melakukan verifikasi administrasi dan terakhir verifikasi faktual.

“Verifikasi KPU tidak berbeda dengan verifikasi Kemenkumham, 75% kepengurusan di tingkatan DPD Kabupaten/Kota disertakan dengan surat domisili kantor, surat kepengurusan dll. Serta 50% di tingkatan DPC Kecamatan disertakan dengan surat domisili kantor, surat kepengurusan dll, tapi terkait Verifikasi KPU menurut UU Pemilu 2019 partai baru mewajibkan melakukan perekrutan anggota 1/1000 dari jumlah penduduk di setiap kabupaten/kota,” terangnya.

Dari 15 kabupaten/kota se Lampung, PSI sudah menerima tanda terima kelengkapan berkas administrasi dari KPUD berjumlah 12 kabupaten/kota. Yakni Lampung utara, Tulang Bawangbarat, Metro, Pringsewu, Lampung Selatan, Tulangbawang, dan Pesawaran. Selanjutnya, Lampung Timur, Tanggamus, Bandar Lampung, Pesisir Barat dan Mesuji.

“Artinya secara resmi KPUD telah menerima berkas PSI di tingkatan DPD tanpa ada kekurangan sedikitpun. Ini adalah perjuangan serta komitment anak-anak muda di Provinsi Lampung yang bergabung di PSI demi meloloskan verifikasi KPU,” tandasnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *