5 views

Proyek Siluman, Berdampak Lingkungan

HARIANFOKUS.com – Proyek Renofasi Sarana dan Prasarana Gedung Kantor Pemda Baru Tiuh Tohou patut dipertanyakan karena tidak jelas siapa CV pelaksana sebagai kontraktornya. Hal ini dapat terlihat dari papan nama yang terpampang di proyek pekerjaan tersebut.

Merujuk Perpres No 4 tahun 2015 tentang perubahan keempat atas peraturan Presiden No 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang/jasa Pemerintah, terindikasi telah dilanggar, dikarenakan papan nama merupakan salah satu alat kelengkapan proyek yang akan dikerjakan oleh pelaksana/kontraktor tersebut.

Disisi lain miris melihat sampah pembuangan proyek tersebut yang bisa mengakibatkan dampak lingkungan. Sementara konsultan pengawas Muhyi sudah mengingatkan kontraktor untuk membersihkan sampah tersebut.

“Tolong dipercepat pembersihan sampahnya, dan jawaban pekerja nanti saja pak karna proyek belum selesai,” sesal Muhyi, Rabu (22-11).

Sementara, Anggota Dewan Komisi III DPRD Kabupaten Tulangbawang Fraksi PDIP Rohadi sangat menyayangkan pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor dan pihak terkait plang yang tidak jelas serta pembuangan sampah sembarangan yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.

“Itu tidak benar seharusnya plang nama itu harus jelas, karena proyek itu menggunakan uang negara yang harus dipertanggungjawabkan, dan bisa dikatakan terindikasi sudah melanggar perpres itu sendiri,” ungkap dia.

Lebih lanjut Rohadi mengatakan bahwa proyek tersebut akan dipantau terkait pengerjaannya.

“Dan bila nanti mereka membandel, akan kami panggil hearing, untuk meminta penjelasan dari kedua belah pihak,” tegasnya. (saidi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *