12 views

Panwaskab Pesibar Gaet Pemilih Pemula

HARIANFOKUS.com – Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Pesisir Barat menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif bagi pemilih pemula pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung tahun 2018 mendatang di aula Sunset Bech Walur, Kamis (14-12).

Sosialisasi ini dihadiri 3 narasumber dari komisioner Panwaskan Pesibar, yaitu Irwansyah (ketua/kordiv SDMO), Heri Kiswanto (anggota/kordiv PHL) dan Abd. Kodrat (anggota/kordiv Hukum).

“Sosialisasi ini merupakan hal yang penting karena untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar tentang cara berdemokrasi yang baik,” ungkap Ketua Panwaskab dalam penyampaian materinya.

Masih menurut Irwan, pelajar juga bisa menjadi bagian dari pengawasan dalam mengawal jalannya pilkada.

“Aabila ada yang melihat para kandidat atau para TS (tim sukses) partai yang melakukan pelanggaran maka bisa melaporkan ke panwaslu kabupaten atau panwas kecamatan, dengan menyertakan bukti seperti poto, alamat pelapor dan terlapor, juga rekaman pelanggaran sehingga bisa ditindaklanjuti,” ungkapnya.

Sementara, ditempat yang sama Abd Kodrat menghimbau agar para peserta pilgub dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat dalam penyelenggaraan pilgub nanti.

“Akan ada sanksi pidana bagi peserta atau TS yang terbukti melanggar penyelenggaraan pemilu, misalnya politik uang,” ucapnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *