15 views

Elektabilitas Dewi Dibayangi Kasus KKN Bambang

HARIANFOKUS.com – Kabupaten Tanggamus merupakan salah satu daerah yang akan menggelar pilkada di Lampung pada 2018 mendatang. Berdasarkan hasil jajak pendapat yang dilakukan Rakata Institute yang digelar pada bulan Desember ini, tingkat popularitas dan elektabilitas Dewi Handajani (istri mantan Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan) masih unggul jauh dibandingkan dengan kandidat lainnya, Samsul Hadi (Plt. Bupati Tanggamus) dan Fauzan Sya’ie.

Tingkat popularitas Dewi mencapai 89% dengan elektabilitas 22,17% disusul Samsul 81,33% dan elektabilitas 16,17% dan Fauzan Sya’ie dengan popularitas 74,83% dengan elektabilitas 16,00%.

Meski Dewi memiliki tingkat paling tinggi popularitas dan elektabilitas, tapi kasus KKN yang menimpa suaminya akan mempengaruhi pilihan masyarakat terhadap Dewi.

Sebab, berdasarkan hasil survey yang melibatkan 600 responden ini, sebanyak 74,33% masyarakat mengetahui kasus KKN Bambang dan dari angka mengetahui ini sebanyak 58,52% yang menganggap kasus tersebut akan mempengaruhi pilihan terhadap Dewi.

“Dengan keadaan tersebut sangat merugikan karena akan berdampak pada elektablitas Dewi,” kata Peneliti Rakata Institute Korwil Tanggamus, Busro, Minggu (17-12) sore.

Sementara, untuk bakal calon wakil Bupati Tanggamus dari 19 nama yang berpeluang maju, Darussalam paling populer (44,33%) dan elektabilitas 10,00%. Dibawah Darussalam ada Nuzul Irsan dengan popularitas 36,50% dan elektabilitas 9,00%.

Survey Rakata Institute ini memiliki tingkat kepercayaan 95% dan toleransi kesalahan (margin of error) +-4%.(win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *